Pemkab Mubar Maksimalkan Infrastuktur Jalan dan Jembatan – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Muna Barat

Pemkab Mubar Maksimalkan Infrastuktur Jalan dan Jembatan

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai daerah otonomi baru (DOB), penataan infrastruktur di Muna Barat (Mubar) terus dilakukan pemerintah kabupaten (Pemkab). Langkah tersebut dilakukan untuk mengejar ketertinggalan, sekaligus bersaing dengan daerah lainnya di Sulawesi Tenggara. Dalam kendali pemerintahan Bupati, LM Rajiun Tumada bersama Wakilnya, Achmad Lamani, pemerintah telah merencanakan pembuatan puluhan unit jembatan dan penataan ratusan kilometer jalan.

Kadis PU Mubar, Karimin mengatakan, untuk jembatan yang sudah dibangun tahun ini mencapai 13 unit. Sementara untuk akses jalan, sudah dirintis hingga 80 kilometer. “Ada yang langsung diaspal, maupun sebatas pengerasan saja. Yang jelas, jalan dan jembatan itu tersebar pada semua kecamatan yang ada di Mubar. Anggarannya mencapai miliaran rupiah,” ungkap Karimin saat ditemui di ruang kerjanya, kamis(7/9).

Dari semua pengerjaan itu, sudah ada yang mencapai 85 persen. Namun ada juga bobot volume kerja antara 40 hingga 50 persen. “Kalau jalan, baru mencapai sekitar 30 persen. Ini karena material yang akan digunakan sementara dalam perjalanan dari Palu menuju Muna Barat. Batu untuk lapisan pondasinya menggunakan standar ukuran kelas A yang sudah diakui secara nasional. Namun masih tetap menggunakan ready mix asphalt Buton. Belum pakai hotmix. Kalau material itu tiba, maka tinggal dihampar, sehingga jika sudah selesai, pengerjaan bisa mencapai 80 persen,” paparnya.

Ia optimis, dengan percepatan pembangunan infrastruktur penghubung tersebut, dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat Mubar. Terutama hasil pertanian maupun lainnya dapat menjadi lancar karena sarana transportasi yang mendukung. (c/yaf)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top