DPMD Buton Keluhkan Minimnya PLD – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton

DPMD Buton Keluhkan Minimnya PLD

KENDARIPOS.CO.ID — Keberadaan pendamping lokal desa (PLD) untuk mendampingi kepala desa (Kades), sangat penting. Sebab PLD dapat bersinergi dengan Kades untuk menyusun program pembangunan, sehingga penggunaan anggaran bisa terarah dan tepat sasaran. Namun demikian, keberadaan PLD di kabupaten/kota ternyata belum memadai. Beberapa daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) justru masih kekurangan tenaga administrasi tersebut.

Di Kabupaten Buton misalnya, keberadaan PLD di daerah penghasil aspal itu tidak ideal. Jika dibandingkan dengan jumlah keseluruhan desa yang ada, jumlah PLD sangat sedikit. Kondisi tersebut juga dikeluhkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Buton, Alimani. “Jumlah PLD di Buton saat ini hanya 35 orang. Sementara desa yang ada sebanyak 83. Seperduanya saja belum terpenuhi,” kata Alimani saat dihubungi, Kamis (7/9).

Keadaan itu memicu munculnya beberapa persoalan di desa. Khususnya berkaitan dengan administrasi perencanaan pembangunan jangka menengah dan jangka panjang. Karena keberadaan PLD untuk mendampingi Kades dalam mengidentifikasi kebutuhan masyarakat. “Lambannya penuntasan administrasi keuangan desa karena minimnya pendamping. Karena kalau berbicara pendamping, maka mestinya satu desa, satu orang,” sarannya.

Menurut Alimani, pihaknya sudah menyampaikan persoalan kekurangan PLD ke DPMD Provinsi Sultra. Namun hingga kini belum juga mendapat respon positif. “Saat kujungan DPMD Sultra di Buton, kita sampaikan kalau kekurangan tenaga PLD. Karena yang memiliki kewenangan melakukan rekrutmen pendamping desa adalah provinsi. Tapi sampai sekarang masih tetap kurang,” keluhnya.

Alimani menambahkan, karena kekurangan tersebut, sehingga satu PLD di Buton difungsikan mendampingi dua sampai tiga desa. Akibatnya konsentrasi pendamping terbagi dan kinerja yang dijalankan tidak maksimal. “Harapan kita satu desa satu pendamping. Sehingga mereka (pendamping) bisa fokus dalam melakukan tugasnya. Untuk itu, kita masih membutuhkan sekitar 40 orang,” pungkasnya. (c/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top