Damkar Kolut Masih Minim Armada – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kolaka Utara

Damkar Kolut Masih Minim Armada

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Armada Damkar yang ada di Kolut masih minim. Saat ini satuan kerja tersebut baru memiliki empat unit mobil pemadam untuk melayani 127 desa dan 15 kecamatan.

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) saat ini hanya memiliki empat armada pemadam yang bertanggung jawab melayani 127 desa dan 15 kecamatan. Dengan kondisi tersebut, jika ada insiden kebakaran petugas Damkar kerap tiba di lokasi saat bangunan yang dilalap jago merah sudah rata dengan tanah.

Saat ini, dua armada masih disiagakan di Lasusua sebagai ibu kota kabupaten. Sementara satu unit lainnya baru-baru ini ditempatkan ke Kecamatan Ngapa. Idealnya, Kolut masih membutuhkan tiga armada lagi. Karena jika ada insiden, instansi ini kerap panen hujatan dan kritikan dari masyarakat. Itu karena personel Damkar dipandang lamban dalam bergerak melakukan pemadaman. Padahal, jarak tempuh yang cukup menyita waktu perjalanan menjadi penyebab utama.

Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaraan Kolut, Sumardi menjelaskan, pada setiap insiden, ia melihat kekecewaan masyarakat dengan situasi tersebut. “Namun apalah daya kami. Anggota diminta tetap bersabar dari setiap perlakuan maupun kritikan yang diterima. Minimal kami butuh tiga unit mobil pemadam lagi untuk kebutuhan sementara,” harapnya.

Alasannya, Kolut memiliki beberapa kecamatan padat penduduk seperti Ngapa, Batu Putih dan Rante Angin. Jarak dari Lasusua menuju tiga kecamaatan tersebut cukup jauh. Sehingga harus ada kendaraan ditempatkan pada masing-masing kecamatan untuk bisa sesegera mungkin melakukan antisipasi jika terjadi kebakaran. “Jadi yang stand by di sana (tiga kecamatan) bisa lekas meluncur ke lokasi sambil kita susul dari Lasusua,” terang Sumardi.

Jika bicara ideal, maka seharusnya satu mobil Damkar siaga di setiap kecamatan. Namun, karena persoalan ketersediaan anggaran saat ini, maka pihaknya berharap setidaknya bisa jadi perhatian dan catatan untuk ditindaklanjuti. (c/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top