146 Guru Honorer Terima Tunjangan Fungsional – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

146 Guru Honorer Terima Tunjangan Fungsional

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari menetapkan sebanyak 146 guru honorer yang menerima tunjangan fungsional, yakni 123 guru SD dan SMP dan 23 guru PAUD. Sebenarnya masih banyak guru honorer yang belum terakomodir, tapi hal tersebut sesuai kuota yang diberikan.

Pengelola TPG dan Aneka Tunjangan Dikbud Kendari, Amran mengungkapkan bahwa berdasarkan data terakhir yang diketahui ada sekira 400 guru honorer di Kota Kendari. Namun karena anggaran yang terbatas maka pemerintah membatasi penerima tunjangan fungsional dengan menetapkan 146 orang.

“Untuk memastikan mereka yang menerima tunjangan ini, kami betul-betul melakukan seleksi secara ketat, tanpa pilih kasih. Artinya, mereka yang kami tetapkan sebegai penerima tunjangan ini sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan,” bebernya.

Untuk diketahui ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi untuk peneriman tunjangan tersebut. Mulai dari mengantongi Nomor Unit Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPT). Selain itu, mereka harus memenuhi beban mengajar minimal 24 jam per pekannya. Kemudian memiliki data yang valid di Data pokok pendidikan (Dapodik).

“Meski ada beberapa honorer yang memenuhi semua persyaratan tersebut, namun kami menetapkan skala prioritas agar penerima tunjangan tepat sasaran. Sebanyak 146 penerima tunjangan fungsional yang kami tetapkan dengan melihat masa kerja mereka yang rata-rata 11 tahun atau lebih,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, terkait edaran Menteri Dalam Negeri yang menetapkan pemerintah daerah tidak boleh mengangkat honorer masih dikaji lebih lanjut. Pasalnya, salah satu syarat untuk mendapat NUPTK untuk guru honorer di sekolah negeri harus ada wali kota atau bupati selama 2 tahun berturut-turut. Sementara untuk guru honorer sekolah swasta cukup mengantongi SK guru tetap dari yayasan masing-masing.

“Kami menelaah lebih lanjut tentang surat edaran Mendagri ini, agar ada kemungkinan bagi honor baru untuk mendapatkan tunjangan. Kami menilai untuk daerah-daerah yang masih kekurangan guru harus diberikan ruang untuk guru honorer mendapat tunjangan,” tandas Amran. (myu/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top