Siswa se Sultra Berebut Juara Kuis Kihajar – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

Siswa se Sultra Berebut Juara Kuis Kihajar

Wa Ode Sitti Febriani/Kendari Pos
Peserta Kuis Kihajar saat mengikuti seleksi akademik yang mulai dilaksanakan tanggal 5 hingga 7 September di BTIKP Sultra.

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah diseleksi dua pekan lalu, kini para juara yang berasal dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) se Sultra bakal berebut gelar juara di Kuis Kita Harus Belajar (Kihajar). Tepatnya mulai hari Selasa (5/9) lalu, semua delegasi kembali berkumpul di Balai Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Sultra, mengikuti seleksi akademik dan presentasi di hadapan juri lokal dan perwakilan Pusat Teknologi, Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kepala Balai Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Sultra, H Munir Herman MPd. menjelaskan, tahun ini delegasi dari 13 kabupaten/kota maju dalam Kuis Kihajar tingkat provinsi yang bakal berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 5-7 September. Dalam tahap ini bakal ditentukan 3 peserta terbaik, sedang peraih juara pertama adalah yang berhak maju ke tingkat nasional mewakili Bumi Anoa.

“Dengan Kuis Kihajar kami harap siswa mampu menguasai teknologi dan informasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Apalagi, era globalisasi menuntut persaingan ekstra di lintas negara. Tidak tau teknologi sama dengan ketinggalan,” ungkap Pak Haji Herman (sapaan akrab).

Di hari pertama (5/9), pembukaan kompetisi berlanjut ke tahap pengarahan Pustekkom. Malam tanggal 7 September adalah puncak acara sekaligus pengumuman pemenang. Adapun di tingkat nasional, seleksi makin ketat dengan uji Kognisi yang bakal menguji kemampuan kognisi seluruh peserta melalui aplikasi Kihajar off-line. Tidak sampai disitu saja, tahap My Journey yang membagi peserta secara beregu dan dibawa ke sebuah situasi juga akan berlangsung dalam kompetisi. Puncaknya, mereka diminta untuk menyelesaikan masalah dengan sudut pandangnya.

“Terakhir adalah My Idea, siswa wajib mempresentasikan pemecahan masalah di depan juri selama 5 menit. Kuis Kihajar tingkat nasional akan berlangsung di bulan November di Jakarta. Jadi, semua harus siapkan diri untuk berkomtisi,” tandasnya. (feb)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top