Pemulangan Jamaah Haji Kota Kendari Dijadwalkan 22 September – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
HEADLINE NEWS

Pemulangan Jamaah Haji Kota Kendari Dijadwalkan 22 September

Ketua Kloter 19, Samsuri bersama dokter haji H Amry Ady Haris (berbaju hitam) dan pembimbing ibadah HM Sabir saat manasik ibadah dan manasik kesehatan. Peserta tak hanya dari kloter 19 Kendari, tapi juga kloter lain dari Sumatera Utara dan DKI Jakarta. Foto : SAWALUDDIN LAKAWA/KENDARIPOS.

KENDARIPOS.CO.ID — Seluruh warga Sultra yang mengikuti rangkaian kegiatan haji di tanah suci kini sudah resmi menyandang status haji. Mereka telah menuntaskan melontar jamrah sejak 10 hingga 13 Zulhijah. Kini, mereka fokus memperbanyak pahala dengan melakukan ibadah-ibadah sunnah di Masjidil Haram.

“Sekarang mereka sudah terkumpul di Makkah semuanya. Ada 2.008 orang, karena 4 orang sudah meninggal. Mereka baru saja selesai tawaf haji, jadi sudah resmi bergelar gaji. Ada yang sakit juga sehingga tidak sempat melontar jamrah tapi itu bisa dibatalkan,” ungkap Wa Masi, Kepala Seksi Haji dan Umrah Kemenag Sultra, Masi kemarin.

Wa Masi menjelaskan, dari Makkah jamaah haji akan diberangkatkan ke Madinah dan terbang ke tanah air pada 22 September. Kloter 19 akan menjadi kelompok pertama yang akan meninggalkan tanah suci sesuai dengan urutan saat keberangkatan dari Sultra. Selang sehari berikutnya akan diikuti kloter 20 selanjutnya 21, 22 dan 23. Dari Saudi Arabia, jamaah akan menghabiskan tempuh selama kurang lebih 11 jam di atas pesawat. Sehingga akan tiba di Indonesia sehari setelahnya.

“Mereka turun langsung ke Embarkasi Makassar. Istirahat dulu satu malam kalau mereka tiba sore. Tapi kalau tibanya subuh atau pagi, bisa kita berangkatkan lagi sore harinya,” tambahnya. Terkait maskapai, Kemenag baru akan menggelar rapat dengan pihak Sriwijaya 17 September mendatang. Nanti setelah itu baru jadwal keberangkatan dan kedatangan jamaah akan dirilis detailnya.

Ditambahkan wanita berhijab itu, saat ini kondisi jamaah terbilang baik. Walaupun beberapa diantaranya masih menderita batuk dan flu. Namun tak sampai harus di rawat di rumah sakit. “Tim medis kita masih bisa menangani, karena hanya dijaga pola makannya saja. Tidak ada yang terbaring sakit,” terangnya.

Saat tiba di Kendari, penjemput dianjurkan untuk menunggu di Asrama Haji Lepo-lepo. Karena akan dilakukan penerimaan resmi oleh Pemprov Sultra. “Tanggal 23 atau 24 mereka sudah di Kendari,” katanya. Khusus kepada keluarga almarhum dan almarhumah jamaah haji, Wa Masi turut mengucapkan belasungkawa mendalam. Seluruh keluarga jamaah meninggal kata dia sudah mendapat informasi lengkap soal jamaahnya itu.

“Disana diurus baik-baik, dimandikan, dimakamkan, pokoknya semuanya. Kita sudah mengirim ucapan belasungkawa melalui Depag masing-masing untuk dilanjutkan ke keluarga,” katanya. Empat jamaah dimaksud yakni dari Kolaka, Kendari, Wakatobi, dan terakhir jamaah asal Bombana. (b/ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top