Pemkab Wakatobi Siap Helat FBK – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Wakatobi

Pemkab Wakatobi Siap Helat FBK

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
Suasana rapat pemantapan gelaran Festival Barata Kahedupa yang akan diselenggarakan pada medio September ini.

KENDARIPOS.CO.ID — Persiapan perhelatan Festival Barata Kahedupa (FBK) yang akan berlangsung selama tiga hari di Kaledupa, telah rampung. Pemerintah kabupaten (Pemkab) Wakatobi bersama instansi terkait hingga Camat Kaledupa Induk dan Kaledupa Selatan telah menyelesaikan rapat pemantapan kegiatan.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Wakatobi, Muhammad Ilyas Abibu, sekaligus pimpinan rapat berharap penuh agenda yang sudah direncanakan sejak lama ini bisa terealisasi sesuai harapan. Ia juga mengimbau jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menyiapkan anggaran khusus saat FBK berlangsung.

“Saya kira sudah tuntas dan kita harap ini berjalan sesuai rencana. Jangan lupa bapak ibu bawa sawerannya. Ini sudah menjadi konsep pariwisata, setiap ada event harus menguntungkan atau ada pendapatan bagi masyarakat sekitar,” jelasnya, rabu(6/9).

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wakatobi, Nadar menegaskan untuk persiapan helatan festival, sudah mencapai 80 persen. Secara umum, pelaksanaan yang akan dimulai tanggal 15 hingga 18 September sudah selesai. Acara yang dihelat untuk kedua kalinya ini sebelumnya terpusat di Kaledupa Induk, di Desa Ambeua. Kini giliran Kaledupa Selatan yang menjadi tuan rumah.

“Jadi pusat kegiatannya ada di Desa Langgee. Untuk FBK ini kemasan eventnya saya kira sudah terpola,” tutur Nadar. Kegiatan yang memprioritaskan prosesi adat karia’a serta acara lainnya sebagai pendukung seperti pencak silat, tari lariangi, hingga pameran kuliner khas daerah. Selain itu, Bupati Wakatobi, H. Arhawi sendiri telah menginstrusikan harus menampilkan artis ibu kota di malam puncak acara untuk menghibur masyarakat sekitar.

Sementara itu Camat Kaledupa Selatan, Sabaruddin, menguraikan sejumlah kegiatan yang sudah terjadwal. Mulai dari pembuatan batanga, hengkeda’a, pengobatan gratis tanggal 14 September dan hiburan lainnya pada tanggal 15 September. Ada pula kegiatan bersih-bersih dan peresmian bantea meantu’u dan tanggal 16-17 September acara puncak karia’a, hingga penutup yang dimeriahkan artis ibu kota serta hiburan rakyat. “Panggung, penginapan, kendaraan dan lainnya sudah siap semua,” yakinnya. (b/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top