Gandeng LAN, Pemkab Muna Kembangkan Inovasi – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Muna

Gandeng LAN, Pemkab Muna Kembangkan Inovasi

MUHAMMAD ERY/KENDARI POS
Bupati Muna, LM Rusman Emba (kanan) bersama Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto saat menandatangani nota kesepahaman kerja sama, rabu(6/9)

KENDARIPOS.CO.ID — Akselerasi pengembangan inovasi administrasi negara digagas dalam lingkup pemerintah kabupaten (Pemkab) Muna. Untuk semakin memantapkan aplikasinya, pihak Pemkab menggandeng Lembaga Administrasi Negara (LAN) hingga lima tahun ke depan untuk bekerja sama. Laboratorium inovasi disediakan untuk melakukan penguatan kapasitas penyelenggaraan pemerintahan. Utamanya bagi organisasi perangkat daerah (OPD) dalam memberikan pelayanan pada masyarakat agar lebih baik lagi.

Bupati Muna, LM Rusman Emba menegaskan, kehadiran LAN untuk menciptakan kreativitas dalam berinovasi. “Banyak daerah bergantung pada anggaran dana alokasi umum  dan dana alokasi khusus. Anggaran yang melekat itu tidak tetap. DAK kita justru berkurang hingga Rp 11 miliar. Artinya DAU dan DAK semakin hari terus berkurang. Apa yang dapat kita lakukan dalam pembangunan. Makanya, kreativitas dan inovasi harus dipikirkan untuk terus membangun,” kata Rusman Emba usai penandatanganan nota kesepahaman di Galampa By Pass Raha, Rabu (6/9).

Sehingga, meningkatkan kapasitas melalui pelatihan dan pendidikan dalam berinovasi, lanjut mantan Ketua DPRD Sultra ini, sangat penting dengan menghadirkan LAN di Muna.  Sementara itu, Ketua LAN, Dr. Adi Suryanto mengapresiasi langkah Pemkab Muna. Dalam forum tersebut, ia menaruh harapan besar agar momentum kerja sama tersebut bisa bermanfaat. Bukan saja di lembaganya, tapi bagi daerah. Hal ini diprakarsai keinginan kuat dan mendalam, sehingga sebagai aparatur sipil negara punya kesadaran dalam tugas memberikan pelayanan pada masyarakat.

“Tantangan hari ini dan ke depan luar biasa. Kompetensi kita masih tertinggal jauh dengan negara lain. Daya saing kita turun. Begitu juga pada indeks inovasi. Birokrasi Indonesia santai. Membangun karakter birokrasi penting dalam memberikan pelayanan. Tapi kunci keberhasilan adalah komitmen pimpinan. Sebab, perubahan berawal dari pimpinan hingga ke bawahannya,” sentil Ady Suryanto. (c/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top