Dinkes Kolut Bentuk UKK – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kolaka Utara

Dinkes Kolut Bentuk UKK

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolaka Utara (Kolut) terus melakukan peningkatan pelayanan secara berkesinambungan di berbagai wilayah. Selain menambah armada ambulans yang beroperasi pada tiap kecamatan, instansi teknis itu juga membentuk pos upaya kesehatan kerja (UKK) di masing-masing desa.

Kabid Kesmas Dinkes Kolut, dr. Indaryani yang ditemui Rabu (6/9) menjelaskan, keberadaan UKK tersebut sama dengan Posyandu. Namun pos pelayanan UKK tersebut dikhususkan bagi kalangan dewasa dan fokus membidik para petani dan nelayan di Kolut. “Sudah ada lima pos yang kami bentuk. Dua diantaranya tahun ini di Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua untuk kalangan nelayan dan di Lambuno, Kecamatan Katoi UKK bagi petani,” ungkapnya, rabu(6/9).

Meskipun telah ada Polindes, namun pos UKK itu lebih difokuskan untuk melayani masyarakat petani dan nelayan. Pos ini juga memiliki struktur kepengurusan yang melibatkan warga setempat. Setiap pos ditempatkan dua petugas medis bersama kader kesehatan. “Selain memberikan pelayanan pemeriksaan secara berkala dan mengobati, juga promosi kesehatan dirutinkan. Jadi kehadirannya menunjang Polindes. Secara tidak langsung kehadiran pos UKK ini memperluas cakupan pelayanan kesehatan,” sambung Indaryani.

Meski pos ini khusus melayani petani dan nelayan, tetap tak ada syarat khusus yang harus dipenuhi untuk memperoleh pelayanan di sana. Warga diharapkan tidak sungkan untuk datang mengontrol kesehatannya agar tetap dapat beraktivitas mencari nafkah. (c/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top