Dinas Kebakaran Kota Kendari Butuh 20 Armada Baru – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Dinas Kebakaran Kota Kendari Butuh 20 Armada Baru

Pemadam

KENDARIPOS.CO.ID — 10 armada pemadam kebakaran (Damkar) yang dimiliki Dinas Kebakaran Kota Kendari saat ini dinilai belum mumpuni. Upaya penanggulangan musibah kebakaran akan maksimal jika dinas yang dipimpin Djunaidin Umar itu dibekali 30 armada. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kendari, Djunaidin Umar mengatakan 10 unit armada yang beroperasi masih sangat kurang. Rasio antara armada yang ada saat ini dengan beban pelayanan yang harus diberikan kepada masyarakat memang masih belum ideal. Asumsinya, untuk satu unit armada harus melayani 10 ribu jiwa. “Idealnya kami masih butuh sekira 20 unit lagi perkuatan armada,” ujar Djunaidin Umar, Rabu (6/9).

Di tengah kondisi belum ideal itu, Djunaidin Umar memaksimalkan armada kebakaran yang ada dalam upaya penyelamatan musibah kebakaran. Itu pun peralatannya masih serba manual. Selain mobil Damkar, Dinas Kebakaran Kota Kendari harus memiliki satu alat hidran, yakni pipa yang dihubungkan ke suplai air terutama di jalan untuk menarik air dari saluran utama untuk memadamkan api pada setiap titik tertentu. “Hidran ini merupakan alat alternatif untuk menjangkau daerah yang tidak memiliki akses jalan masuk mobil Damkar jika terjadi kebakaran,” tukas Djunaidin di ruang kerjanya.

Djunaidin mengaku pihaknya pernah memasang sekira 20 unit hidran di pemukiman padat penduduk. Tapi tidak bertahan lama setelah dipasang karena rusak atau hilang. Hidran itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Keberadaan hidran ini menurut Djunaidin, sangat penting guna membantu kerja tim pemadam kebakaraan, karena Kota Kendari memiliki beberapa wilayah yang sulit diakses mobil Damkar.”Kita tak punya hidran lagi, karena sebagian hilang dan rusak,” imbuh Djunaidin.

Untuk kekuatan personel Damkar, Djunaidin mengaku punya 212 personel yang terdiri dari petugas lapangan dan staf administrasi. Personel yang bertugas di lapangan dibagi dalam tiga shift. Setiap shift beranggotakan kurang lebih 45 sampai 50 orang. Selebihnya tenaga administrasi. (m2/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top