DAU Wakatobi Berkurang Rp 3,9 M – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Wakatobi

DAU Wakatobi Berkurang Rp 3,9 M

KENDARIPOS.CO.ID — Jatah dana alokasi umum (DAU) untuk Kabupaten Wakatobi mengalami penurunan. Otorita kendali Bupati, H. Arhawi ini kehilangan anggaran hingga satu persen berdasarkan target nasional tahun 2017 ini. Meski tak signifikan namun penurunan ini berimbas pada program dan kegiatan pada organisasi perangkat daerah (OPD).

Menurut Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Wakatobi, Kamalu, jika sebelumnya DAU mencapai Rp 448 miliar, maka akibat penurunan 0,9 persen, kini menjadi Rp 444 miliar. “Penurunannya sebesar Rp 3,94 miliar pada tahun 2017 ini,” hitung Kamalu, Rabu (6/9).

Ia menuturkan, penurunan tersebut disebabkan karena pendapatan nasional di Wakatobi tidak melampaui target. Alhasil, berimbas pada DAU tahun ini. “Kalau pendapatan nasional mencapai target, pasti DAU akan meningkat. Ini memberi pengaruh pada seluruh OPD Wakatobi,” jelasnya.

Kini pemerintah kabupaten harus menyelesaikan revisi program terkait efek penurunan itu. “Dampaknya harus menyesuaikan anggaran. Tapi bukan hanya Wakatobi karena hampir semua kabupaten juga mengalami,” tambah Kamalu. Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Wakatobi, Kamaruddin mengaku penurunan DAU di instansinya cukup banyak. Akibatnya, beberapa program yang terpaksa di rasionalisasikan. Meski begitu, ia tak membeberkan jumlah penurunan. “Ini karena imbas dari pendapatan kita yang tidak memenuhi target,” aku Kamaruddin. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top