Data Rawan Dicuri, BI Larang Gesek Kartu Dua Kali – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Ekonomi & Bisnis

Data Rawan Dicuri, BI Larang Gesek Kartu Dua Kali

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Demi melindungi nasabah, penggesekan double (double swipe) di mesin Electronic Data Capture (EDC) dilarang oleh Bank Indonesia (BI). Pasalnya, dengan menggesek lebih dari sekali di waktu yang sama, risiko pencurian data dan informasi kartu bakal terbuka lebar.

Kepala Perwakilan BI Sultra, Minot Purwahono menegaskan, untuk setiap transaksi idealnya kartu hanya boleh digesek sekali di mesin EDC, termasuk mesin kasir. Sejatinya aturan ini sudah tertera dalam peraturan tentang proses transaksi pembayaran. Yang mana, BI melarang keras penyalahgunaan data dan informasi nasabah ataupun data dan informasi transaksi pembayaran oleh pemberi jasa, kecuali untuk transaksi pemrosesan pembayaran.”Termasuk dilarang mengambil data lewat mesin kasir pedagang,” singkatnya.

Menurutnya, bank atau lembaga keuangan wajib memastikan kepatuhan pedagang terhadap larangan menggesek secara ganda. Jika terjadi, maka harus ada tindakan tegas berupa penghentian kerja sama dengan pedagang yang melanggar.

Di sisi lain, ia mengimbau warga metro untuk teliti dan selalu berhati-hati saat melakukan transaksi non tunai. “Kalau masyarakat jadi korban penggesekan ganda, langsung laporkan saja ke BI lewat contact center 131, lalu sebutkan nama pedagang dan nama bank pengelola yang bisa dilihat pada stiker mesin EDC. Untuk mencegah praktik menyimpang jelas semua harus saling sinergi,” tandasnya. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top