Walikota Kendari : Keluarga Kecil Kunci Sukses Standar Hidup Layak – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Walikota Kendari : Keluarga Kecil Kunci Sukses Standar Hidup Layak

Wali Kota Kendari, Asrun saat pencanangan Kampung KB di Kelurahan Lalodati, Puuwatu, Selasa (5/9). Bagi Asrun, keluarga kecil merupakan kunci sukses standar hidup layak. Foto : ALFIN IPO / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Asrun menekankan pentingnya pembinaan generasi muda yang berkualitas untuk menunjang pembangunan daerah berkelanjutan. Asupan gizi anak menjadi urgen dipenuhi dalam keluarga untuk mencetak generasi emas tersebut. Untuk itu, sebuah keluarga kecil dan sejahtera adalah kunci sukses memenuhi standar hidup layak dimasyarakat. Sebab, seluruh kebutuhan keluarga akan tercukupi, termasuk terjaminnya asupan gizi anak. Dalam hal ini, program keluarga berencana (KB) merupakan salah satu langkah tepat membentuk generasi yang andal dan mampu menjawab tantangan zaman.

Hal itu disampaikan Wali Kota Kendari, Asrun dalam kegiatan pencanangan Kampung KB di Kelurahan Lalodati, Kecamatan Puuwatu, Selasa (5/9). Menurutnya, gambaran keluarga itu ideal adalah tidak memiliki banyak anak dan punya penghasilan yang cukup. Dengan begitu, penataan anggota keluarga lebih terjamin, termasuk asupan gizi pada anak. “Kalau penghasilan Rp 1 juta, janganlah punya tujuh anak. Cukup dua saja. Lebih mudah diatur dan itu mempengaruhi pembangunan daerah melalui SDM berkualitas yang dilahirkan keluarga kecil,” ujar Asrun.

Wali Kota Kendari dua periode itu menegaskan Pemkot sepenuhnya mendukung program Kampung KB sebagai upaya mendukung program revolusi mental. Menurutnya, salah satu masalah riskan yang dihadapi saat ini adalah laju pertambahan penduduk yang pesat, berbanding terbalik dengan pertumbuhan ekonomi yang lambat. Hasilnya, banyak sumber daya manusia yang tidak terserap akibat rendahnya kualitas yang dimiliki. “Itu juga akar masalahnya di keluarga, yakni angka kelahiran yang tidak terbendung. Di sinilah pentingnya kampung KB dijalankan,” tukas Ketua PAN Kota Kendari itu.

Asrun berharap melalui pencanangan kampung KB ini, program keluarga ideal dapat terbentuk. Dengan begitu, program revolusi mental betul-betul dapat diwujudkan. “Kita berkeinginan program ini sukses dan dijalankan masyarakat,” paparnya. Sementara itu, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sultra, Ali Ismail, mengapresiasi dukungan Pemkot terhadap kampung KB. Inisiatif pemerintah daerah memang sangat dibutuhkan dalam menyukseskan program revolusi mental. “Kota Kendari sudah menjadi contoh yang baik, dimana pemerintahnya sangat mendukung program ini. Mudah-mudahan ini langkah awal kita menuju revolusi mental,” tukasnya.

Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Rahman Napirah mengatakan sesuai target nasional, Kota Kendari mengupayakan membentuk kampung KB di sebelas kecamatan. “Sekarang kan baru tiga kecamatan, Mandonga, Nambo dan Puuwatu. Tahun ini ditarget semua sudah dilaunching. Tahun 2018 semua kelurahan harus jadi kampung KB,” imbuhnya. (m1/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top