Soal IUP Tambang, KTT dan Manajer Operasional PT HEP Diperiksa Lima Jam – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Soal IUP Tambang, KTT dan Manajer Operasional PT HEP Diperiksa Lima Jam

Dolfie Kumaseh

KENDARIPOS.CO.ID — Penyidikan perkara dugaan penambangan di luar izin usaha pertambangan (IUP) yang diduga dilakukan PT Hoffmen Energi Perkasa (HEP) diintensifkan penyidik. Terbaru, Kepala Teknik Tambang (KTT) PT HEP, Jalaludin Madjinuhu dan Manajer Operasional, Mukhsin diperiksa penyidik Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Sultra, Selasa (5/9).

Kedua pria itu diperiksa sekira lima jam. Mereka dicecar berbagai pertanyaan soal aktivitas PT HEP selama ini. Pantauan Kendari Pos, keduanya diperiksa oleh dua penyidik senior. Keduanya terlihat tenang menjawab pertanyaan penyidik. Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh mengatakan KTT dan manajer operasional PT HEP itu masih dalam kapasitas sebagai saksi. Nantinya, keterangan mereka akan dijadikan sebagai pendukung untuk menemukan bukti tambahan. Kompol Dolfi tidak membeberkan materi pemeriksaan saksi itu. “Intinya, ada pemeriksaan (saksi) dalam kasus ini. Untuk penetapan tersangka belum ada,” ujar Kompol Dolfi Kumaseh, Selasa (5/9).

Kompol Dofi menuturkan penetapan tersangka akan dilakukan setelah gelar perkara dilakukan. Itupun setelah pemeriksaan seluruh saksi beres. Menurutnya masih ada saksi lagi yang akan diperiksa setelah pemeriksaan KTT dan manajer operasional PT HEP itu. “Tunggu saja. Masih akan ada pemeriksaan saksi ahli,” ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam mengusut perkara ini, penyidik menerapkan pasal 158 Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba). Ancaman pidana 10 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar. PT HEP merupakan perusahaan tambang batu yang beroperasi di Desa Wawatu Kecamatan Moramo, Konawe Selatan (Konsel). (ade/c)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top