MoU KUA-PPAS Diteken, APBD-P Sultra Naik Rp 277 Miliar – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

MoU KUA-PPAS Diteken, APBD-P Sultra Naik Rp 277 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah melalui pembahasan yang cukup alot selama sepekan, Pemprov dan DPRD Sultra akhirnya menyepakati draf kebijakan umum anggaran prioritas dan plafon anggaran sementara (KUA–PPAS) APBD-P 2017. Kesepakatan itu dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU). Eksekutif dan legislatif meneken MoU KUA-PPAS, Selasa (5/9) di gedung DPRD Sultra.

Penandatangan itu dilakukan melalui rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Sultra, Amirudin Nurdin dan dihadiri Plt. Gubernur Sultra, Saleh Lasata. Dalam draf tersebut terungkap jika nilai APBD-P Sultra naik Rp 277 miliar dari angka APBD induk sebesar Rp 3,5 triliun. Kini, total APBD-P Sultra lebih dari Rp 3,8 triliun. “Naik karena ada dana alokasi umum (DAU) yang dikembalikan pemerintah pusat ditambah sisa lebih perhitungan anggaran (SiLPA). Tapi ini kan harus dibahas dulu,” ujar Hj. Isma, Kepala Badan Pengelolaan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra. Setelah diteken, MoU KUA-PPAS itu diserahkan ke badan musyawarah (Bamus) DPRD untuk dibahas menjadi Perda APBD-P 2017.

Sementara itu, Kepala Bappeda Sultra, Nasir Andi Baso menuturkan pada pembahasan pekan lalu, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan DPRD sempat adu argumen mengenai sejumlah proyek yang diusulkan oleh SKPD. Diantaranya proyek pelabuhan penyeberangan dan terminal yang diusulkan oleh Dishub, program verifikasi data penduduk oleh Disdukcapil dan pembenahan infrastruktur jalan oleh Bina Marga Sultra. Namun, setelah mendengarkan jawaban dari masing-masing SKPD, akhirnya wakil rakyat menerimanya. “Sudah biasa itu, karena yang namanya program ya harus didiskusikan dulu dengan DPRD,” ungkap Nasir Andi Baso.

Sekretaris Provinsi Sultra, Lukman Abunawas berharap pembahasan ABPD-P bisa dituntaskan September ini. Mengingat ada beberapa proyek perubahan yang harus melewati proses lelang. Sehingga waktu penuntasannya bisa sangat terbatas. “Saya sudah sampaikan ke SKPD agar diatensi cepat setiap ada perbaikan. Kalau bisa September ini kita bisa ketuk palu. Supaya bisa kita mulai kegiatan,” kata Ketua KONI Sultra itu. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top