6.000 Pelajar di Baubau Terima Beasiswa KIP – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Bau-bau

6.000 Pelajar di Baubau Terima Beasiswa KIP

KENDARIPOS.CO.ID — Usaha Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Baubau dalam mengupayakan alokasi beasiswa kartu Indonesia pintar (KIP) di wilayah itu cukup berhasil. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI) telah merespon dan merealisaskan usulan tersebut. Kepala Dikbud Kota Baubau, Masri, M.Pd mengatakan, usulan beasisiwa yang diajukan pihaknya mendapat respon.

Dari 8.908 pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang diajukan mendapat bantuan KIP, 6.000 orang tercatat telah menerima dana pendidikan tersebut. “Sejak beberapa bulan lalu, pelajar kurang mampu yang ada di Kota Baubau telah menerima bantuan KIP. Tercatat untuk pelajar tingkat SD sebanyak 4.000 orang dan SMP sekitar 2.000 orang,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (5/9).

Penyaluran bantuan tersebut, kata Masri dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan data yang masuk serta diusulkan masing-masing sekolah. “Kalau untuk realisasi beasiswa pada 6.000 pelajar tersebut, tidak langsung serentak. Karena semua tergantung data, dengan memprioritaskan yang lebih dulu masuk. Sehingga dari akhir Juli hingga September ini, penyaluran dari pusat terus berproses,” terangnya.

Teknis penyalurannya, dana bantuan langsung masuk ke rekening masing-masing. Sehingga tak ada peluang untuk dilakukan pemotongan bantuan. Untuk besaran beasiswa yang diterima, bervariasi. Bagi murid SD sebesar Rp 450 ribu dan SMP Rp 750 ribu. “Tetapi kalau seperti murid SD untuk kelas I dan VI, hanya mendapatkan Rp 225 ribu. Nanti kelas II, III, IV dan V baru terima utuh Rp 450 ribu. Begitu pula dengan pelajar SMP kelas I dan III, terima Rp 325 ribu. Hanya kelas II saja yang terima utuh Rp 750 ribu,” jelasnya.

Semua itu disebabkan karena penerima beasiswa KIP disesuaikan dengan lama pelajar menempuh pendidikan. “Seperti kelas VI SD misalnya, lama sekolahnya untuk menerima beasiswa terhitung enam bulan saja,” tambah Masri. Iapun berharap dengan adanya bantuan tersebut, tak ada lagi alasan bagi orang tua untuk tidak menyekolahkan anaknya. (c/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top