Waspada! Ikan Berformalin Beredar di Pasar Kolut – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kolaka Utara

Waspada! Ikan Berformalin Beredar di Pasar Kolut

DOK/MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Petugas DKP Kolut saat melakukan pengecekan ikan diduga mengandung formalin yang dijual pada sejumlah pasar di wilayah tersebut.

KENDARIPOS.CO.ID — Kualitas ikan-ikan yang dipasok dari luar wilayah dan diperjualbelikan pada sejumlah pasar kecamatan di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) diduga sudah terkontaminasi bahan pengawet formalin. Kepala Seksi Data, Informasi Nelayan dan Produksi Hasil Penangkapan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kolut, Ali Wardana yang dikonfirmasi tak menampik jika dugaan tersebut dapat saja benar terjadi saat ini.

Apalagi, pihaknya pernah melakukan uji coba pada sejumlah pasar besar di Kolut dan menemukan fakta, rata-rata ikan yang dijual positif mengandung zat kimia jenis formalin. “Hampir semua ikan dari luar daerah Kolut itu berformalin dan pernah kami temukan pada sejumlah pasar,” bebernya, Senin (4/9). Tapi, uji kandungan tersebut dilakukan saat instansinya masih memiliki kewenangan sebelum diambil alih pihak pemerintah provinsi. Jadi untuk saat ini, pengawasan tak dapat dilakukan lagi dengan semestinya.

“Rata-rata ikan dari Kendari dan Kasipute Bombana yang sering kami temukan dari pedagang pengumpul di pasar-pasar,” ungkapnya lagi. Solusinya, DKP Kolut berharap masih bisa diberikan kewenangan mengawasi kondisi tersebut dengan dibekali peralatan tes kandungan zat kimia maupun biaya operasional. “Kalau ikan berformalin yang paling banyak ditemukan sebelumnya itu di Lasusua, Lapai dan beberapa pasar besar lainnya. Sekarang kami tidak tahu,” ungkap Ali Wardana. (b/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top