Rusda Optimis Raih Rekomendasi PKS – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Rusda Optimis Raih Rekomendasi PKS

Rusda Mahmud saat memaparkan visi misi.

KENDARIPOS.CO.ID — Rusda Mahmud benar-benar memanfaatkan panggung yang diberikan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sultra, Senin (4/9). Di hadapan Tim Pemenangan Pilkada Wilayah (TPPW) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS, mantan bupati Kolaka Utara (Kolut) tak hanya sekedar memaparkan visi-misinya. Pengabdian dan keberhasilannya membangun Kolut ikut dipresentasekan. Melalui PKS, ia berharap mendapat kesempatan untuk mengabdikan diri membangun Sultra sebagaimana visi-misinya Sultra Cepat ditangan orang yang tepat.

Rusda mengaku tengah melakukan penjajakan dengan sejumlah Parpol. Selain PKS, ia telah menjalin komunikasi dengan partai Demokrat, NasDem, PDIP, PPP, Hanura, Gerindra. Ia memiliki harapan bisa mengantongi pintu partai demokrat. Terlebih dirinya duduk sebagai dewan pertimbangan partai berlambang mercy tersebut.

“Kita optimisme dapat pintu partai. Selain yang sudah ada, saya berharap PKS mau membuka peluang bergabung bersama saya,” katanya saat memaparkan visi misi dihadapan tim TPPW PKS Sultra. Saat ini kata Rusda, hanya dirinya satu-satunya kandidat yang telah menentukan pasangan. Ini artinya, program kerjanya sudah jelas. Berbeda dengan calon yang lain yang masih harus mengesuaikan visi-misinya. Ia dan Sjafei Kahar merupakan kombinasi yang ideal. Ia mewakili daratan sementara pasangannya wilayah kepulauan sehingga sangat relevan untuk tampil Pilgub 2018 mendatang.

Ketua DPW PKS Sultra, Sulkhoni mengatakan semua calon memiliki peluang yang sama menggunakan pintu PKS. Hanya saja, ada dua mekanisme yang menjadi pertimbangan partai. Pertama, calon harus bisa memastikan sudah mempunyai koalisi parpol. Pasalnya, PKS hanya memperoleh lima kursi di DPRD Sultra sehingga butuh koalisi. Jika Rusda Mahmud telah mendapatkan parpol, maka partainya akan mempertimbangkan untuk mengusungnya. Kedua, jika belum memiliki Parpol minimal calon bisa menunjukan SK rekomedasi terlebih dahulu. Hanya saja, kepastiannya untuk diusung Parpol tersebut jelas. “Kita siap berikan SK rekomedasi lebih dulu. Tapi, dengan beberapa komitmen yang harus diwujudkan oleh Pak Rusda,” jelasnya.

Saat ditanya bentuk komitmen seperti apa yang ditawarkan PKS, ia tidak menjawab secara spesifik. Ia hanya menyatakan PKS siap mendukung Bacagub yang selaras dengan visi misi keummatan. Jika demikian, boleh jadi akan diusung. Selain itu, masih ada mekanisme lainnya. Berkasnya masih akan diajukan ke DPP PKS untuk disahkan.

Sekretaris Umum DPW PKS Sultra, LM Dasnah mengatakan audiensi berupa pemaparan visi misi bacagub sangatlah penting. Pada saat audiensi tim TPPW akan melakukan penilaian dan ranking, berupa tingkatan skoring. Kemudian, akan menominasi menjadi setengahnya atau sekira lima nama. Dari lima nama tersebut, akan dikerucutkan lagi hingga tiga nama saja. “Final (di wilayah) paling banyak tiga calon yang akan kita (DPW) rekomendasikan ke DPP,” katanya Sekretaris TPPW DPW PKS Sultra saat dihubungi via ponsel.

Ketiga nama itu lanjut dia, akan dikomunikasikan dengan DPP PKS. Termasuk menyerahkan seluruh berkas pendukungnya untuk diteliti dan dinilai oleh KPU. “Kalau masih ada hal yang kurang dari bacagub ini (tiga nama), maka kemungkinan hal komunikasi berjalan hingga mengerucut satu,” jelasnya.

Audiensi tersebut juga bermaksud untuk mengenal lebih dekat pada bacagub. Pihaknya juga ingin mengetahui dan menemukan sisi-sisi persamaan dari semua calon terutama dalam hal visi misi PKS selama ini. Yakni, visi pembangunan untuk Sultra ke depannya juga ada visi misi keummatan di bumi Anoa ini. Hingga kini, sudah tujuh Bacagub yang telah mengikuti audiensi yakni Abdul Rahman Farisi, Supomo, Laode Masihu Kamaluddin, La Ode Ida, Hugua Asrun dan Rusda Mahmud. Selanjutnya, akan melakukan hal yang sama kepada dua Bacagub lainnya yaitu Rusman Emba dan Ali Mazi. (b/wan)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top