Ribuan Orang Salatkan Jenazah Jamaah Asal Kendari di Masjidil Haram – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
HEADLINE NEWS

Ribuan Orang Salatkan Jenazah Jamaah Asal Kendari di Masjidil Haram

KENDARIPOS.CO.ID — Ajal manusia memang rahasia Allah. Tak ada yang tahu kapan dan di mana dia akan menghembuskan nafas terakhirnya. Begitu juga halnya Muh Darwis Razak, jamaah calon haji (JCH) asal Kota kendari yang tergabung dalam kloter 19 ini tak menyangka kepergiannya ke tanah suci, menjadi akhir dari perjalanannya di dunia fana ini.

Suasana duka menyelimuti jamaah haji kloter 19, Senin (4/9). Sebabnya, salah satu anggota kloter telah meninggalkan dunia sekira pukul 16.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Para jamaah merasa kehilangan, karena pria kelahiran Selayar 64 tahun lalu itu, beberapa jam sebelumnya masih berkumpul bersama rombongan. Memang, sejak di Kendari sudah ada riwayat penyakit, namun tak disangka bisa “pergi” secepat itu. Keluarga besarnya juga sudah ikhlas.

Beberapa jam sebelum meninggal, Muh Darwis sempat dirawat intensif oleh tim medis sepulang dari Wukuf di Arafah 9 Zulhijah lalu. Keadaannya berangsur membaik bahkan bisa melontar jamrah di Mina. Bahkan, satu jam sebelum meninggal masih sempat berkomunikasi dengan rekan-rekannya. Naik bus juga sendiri bisa. Tetapi ketika jarum jam menunjukkan pukul 15.00 WAS, kondisi tubuhnya mulai menurun (drop). “Kebetulan ada tim medis dengan peralatan lengkap dan langsung diberi tindakan. Tapi kejadiannya begitu cepat, dia wafat dalam mobil menuju Makkah, kami sangat berduka,” cerita Samsuri, Ketua Kloter 19 lewat pesan singkatnya, semalam (4/9).

Informasinya, Muh Darwis memiliki riwayat penyakit gula dan sulit makan beberapa hari terakhir. Sehingga hanya mengandalkan impus saja. “Sudah dibujuk sama teman-temannya tapi tidak mau makan. Banyak ibadah di Mina sehingga tenaganya begitu lemah. Tapi kita dampingi terus. Dia orangnya sakit gula,” tambah Kepala Kemenag Kota Kendari itu.

Samsuri juga mengaku sudah berkomunikasi dengan keluarga jamaah itu di Kendari. “Saya sudah telepon istrinya sesaat setelah meninggal. Bahkan saat sakit juga istrinya terus dikabari,” lanjutnya. Saat ini, jenazah almarhum sudah diurus Maktab. Administrasinya sudah rampung tinggal menunggu ambulans untuk ambil jenazah dari klinik kesehatan sektor 9.

Selanjutnya, selurus prosesi penyelenggaraannya (mulai memandikan hingga penguburan) diambil alih pihak Maktab. Setelah usai, almarhum bersama seluruh jamaah dari penjuru dunia yang meninggal akan disalatkan di Masjidil Haram oleh ribuan jamaah. “Untuk pemakamannya nanti kami diinfokan,” ujarnya.

Kabar duka tersebut menambahkan daftar jamaah haji asal Sultra yang meninggal menjadi dua orang. Sebelumnya seorang jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Kolaka bernama Jumrah Umar Daeng Pawinru juga telah dilaporkan meninggal di tanah suci, Makkah. Wanita berusia 70 tahun itu menghembuskan nafas terakhir Senin malam (21/8) atau sekira pukul 11.18 Waktu Saudi Arabia (WSA). Informasinya, Jumrah meninggal setelah berjuang melawan penyakit cardiovaskular disease (CVD), yakni masalah jantung dan pembuluh darah.

Sementara itu, terkait kegiataan jamaah kloter 19 kata Samsuri terus berlangsung. Sejak 10 dzulhijjah 1438 H, jamaah sudah melakukn pelontaran Jumratul Aqobah. Ada 53 jamaah haji yang diwakilkan pelontarannya karena alasan sakit dan lansia. Dari pemondokan ke Jamarot tempat pelontaran berjarak 3 km. “Saat menuju jamarot yang dibagi dua trip, 5 jamaah terpaksa harus dievakuasi karena kelelahan,” katanya.

Saat ini keadaan jamaah haji terbilang baik. Meskipun beberapa diantaranya menderita flu. Namun itu hanya karena cuaca ekstrim dan masih bisa diatasi oleh pendamping kloter. (b/ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top