MTSn 1 Konawe Wajibkan Siswa Ekskul – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

MTSn 1 Konawe Wajibkan Siswa Ekskul

KENDARIPOS.CO.ID — Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSn) 1 Konawe mewajibkan siswanya untuk mengikuti satu kegiatan ekstrakurikuler (ekskul). Hal ini dilakukan agar peserta didik aktif dan tidak terjerat pergaulan bebas. Upaya ini pun berhasil, buktinya tak sedikit siswa di sekolah itu telah menorehkan prestasi, baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

Kepala MTSn 1 Konawe, Nyuheri Slamet,S.Pd.,M.Pd., mengatakan, siswa wajib mengikuti salah satu ekskul, maksimal dua kegiatan. Alasannya, dengan mengikuti ekskul mereka yakin siswa dapat terarah ke hal yang positif. Selain itu, ekskul juga menjadi tempat siswa mengembangkan bakat, menjalin kekompakan, dan membentuk sportivitas.

“Kami percaya, siswa lebih baik menghabiskan waktunya untuk ekskul, daripada main diluar, karena

bisa terhindar dari pergaulan yang tidak baik. Tapi, kami tidak izinkan ikut banyak, supaya mereka punya waktu bersama keluarga,” ujarnya.

Nyuheri menjelaskan, sekolah yang dipimpinnya memfasilitasi banyak kegiatan ekskul, selain OSIS. Ekskul ini terbagi menjadi tiga bidang yaitu kesenian, olahraga, dan akademik. “Kami sediakan waktu khusus untuk ekskul, dua kali seminggu setiap sore. Ekskul-nya, yaitu menari, marching band, musik bambu, silat, bulutangkis, bola voli, kaligrafi. Sedangkan akademik, kami juga mengajarkan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab,” ungkapnya.

Dikatakan bahwa pengembangan minat bakat dan akademik siswa harus diseimbangkan. Apalagi mereka sedang masa remaja, para siswa masih mencari jati diri dan selalu mengikuti berbagai kegiatan. “Untuk pelajaran akademik, kami sesuai jadwal Senin sampai Sabtu, sedangkan untuk ekskul kita sepakati dilakukan dua kali seminggu, terserah pembinanya. Kami juga sampaikan kepada orang tua bila anaknya mengikuti ekskul tertentu beserta jadwalnya. Pihak sekolah juga selalu membenahi sarana, mulai dari aula, dan lapangan untuk mereka berlatih,” terangnya.

Ia menyebutkan, sekolah tersebut sudah menyabet berbagai prestasi, sehingga kerap mewakili Konawe. Prestasi terbaru sejak Juli lalu, dalam kompetisi sains madrasah (KSM), mereka juara 3 mata pelajaran biologi di tingkat provinsi. Untuk olahraga cabang bulutangkis, mereka meraih juara satu putra dan putri, dan juara satu kaligrafi putri tingkat kabupaten, sedangkan tingkat provinsi mendapatkan juara 1 bulutangkis putra, dan juara 3 kaligrafi putri.

“Kami juga mewakili Konawe dalam FL2SN tingkat provinsi, cabang tari meraih juara tiga. Sedangkan dalam O2SN Kabupaten, kami juara satu silat, bulutangkis putra, ganda putra, juara satu karate dan juara satu bola voli. Tapi, karena ada perampingan anggaran maka, hanya bola voli yang tidak dibawa ke provinsi,” pungkasnya. (hel/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top