Jamaah Haji Mulai Pulang, Menag Ingatkan Soal Barang Bawaan – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Nasional

Jamaah Haji Mulai Pulang, Menag Ingatkan Soal Barang Bawaan

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Puncak ibadah haji yakni wukuf di Arafah serta melempar jumrah sudah selesai. Jamaah pun bersiap pulang ke tanah air. Ada sebelas kloter yang akan dipulangkan perdana besok (6/9). Jelang kepulangan Menag Lukman Hakim Saifuddin berpesan soal barang bawaan jangan melampaui batas. Ketentuan barang bawaan saat kepulangan haji adalah tas kabin maksimal berbobot 7 kg. Sedangkan tas koper maksimal 32 kg. Selebihnya jamaah diharapkan menggunakan jasa kargo. Otoritas penerbangan haji Saudi mulai melakukan penimbangan kemarin (4/9). Selain itu air zam-zam sebanyak 5 liter diberikan saat jamaah tiba di asrama haji.

Menag Lukman saat memantau persiapan pemulangan jamaah haji di Makkah kembali mengingatkan soal barang bawaan jamaah. “Pengalaman tahun sebelumnya selalu berulang. Ada koper bagasi yang kelebihan beban,” katanya di Makkah Senin (4/9). Lukman mengatakan tidak ada larangan jamaah membeli oleh-oleh untuk saudara di tanah air. Namun ia menghimbau jamaah yang membeli oleh-oleh supaya memperhitungkan berat maksimal koper atau tas kabin. Sebab jika melampaui batas bobot maksimal, koper jamaah tidak diangkut ke lambung peaawat. Sebab sangat memakan waktu jika membongkar lalu menutup lagi koper yang kelebihan beban.

Jamaah diharapkan sangat selektif membeli oleh-oleh. “Barang yang sesungguhnya ada di tanah air, sebaiknya jangan dibeli,” tutur dia. Lukman berharap jamaah kooperatif dan mematuhi ketentuan berat barang bawaan demi keselamatan penerbangan. Sementara itu besok bakal ada tujuh kloter yang dipulangkan ke tanah air dari Jeddah. Paling awal adalah kloter Medan 01. Mereka bakal berangkat menuju ke Jeddah dari Makkah pukul 01.00 waktu Saudi dan terbang pukul 11.00 waktu Saudi. Disusul kemudian kloter Jakarta Pondok Gede 01, Solo 01, dan Padang 01. Lalu diikuti kloter Makassar 01, Solo 02, dan ditutup kloter Solo 03. Kemudian keesokan harinya (7/9) juga ada tujuh kloter yang dipulangkan ke tanah air dari Jeddah. (wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top