DJPBN Sultra Dorong Kapasitas BLU – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Ekonomi & Bisnis

DJPBN Sultra Dorong Kapasitas BLU

Wa Ode Sitti Febriani/Kendari Pos
Workshop bersama BLU dan BLUD sebagai salah satu langkah nyata dalam menggenjot kualitas sumberdaya manusia.

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam kurun sembilan tahun terakhir, kinerja maksimal Badan Layanan Umum (BLU) benar-benar terlihat. Ini tercermin dari realisasi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) atas BLU yang meningkat signifikan sejak diterapkannya pengelolaan keuangan. Jika dibandingkan, pada tahun 2007, realisasi PNBP sebesar Rp 2 triliun sedangkan pada tahun 2016 target Rp 37,02 triliun justru terlampaui dengan realisasi lebih dari Rp 41 triliun. Maka untuk mempertahankan kinerja, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPBN) Sultra terus mendorong kapasitas BLU Bumi Anoa secara massive.

Kepala Kanwil DJPBN Sultra, Ririn Kadariyah menerangkan, capaian PNBP meningkat karena adanya perbaikan tata kelola BLU yang meliputi kontrak kinerja, penerapan skema remunerasi dan penetapan tarif layanan BLU. Menurutnya, ini harus dijadikan acuan untuk mempertahankan bahkan menaikkan kinerja.

“Perbaikan tata kelola BLU tidak lepas dari peran pemerintah, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang merumuskan dan melaksanakan kebijakan bahkan standarisasi teknis di bidang pembinaan pengelolaan keuangan,” ujarnya.

Sejatinya, terang Ririn, BLU adalah instansi di lingkungan pemerintah yang dibentuk untuk memberi pelayanan kepada masyarakat, baik penyediaan barang dan jasa yang dijual tanpa mengutamakan profit. Saat ini terdapat dua BLU dan 14 badan layanan umum daerah (BLUD) di Sultra. Dua BLU tersebut adalah Universitas Halu Oleo dan Rumah Sakit Bhayangkara Kendari, sedangkan 14 BLUD lain meliputi RSUD Bahteramas Sultra, RSUD Kota Kendari, RSUD Kabupaten Konawe, RSUD Kabupaten Konawe Selatan, RSUD Kabupaten Konawe Utara, RSUD Benjamin Guluh Kabupaten Kolaka, RSUD Kabupaten Kolaka Timur, RSUD HM Djafar Harun Kabupaten Kolaka Utara, RSUD Kabupaten Bombana, RSUD Kota Baubau, RSUD Kabupaten Wakatobi, RSUD Kabupaten Muna, Pelayanan Kredit “Harum” Kota Kendari dan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Gularaya Kota Kendari.

“Pembinaan dan bimbingan teknis tata kelola keuangan BLU adalah salah satu fungsi Kanwil DJPBN sesuai amanat perundangan yang berlaku. Bentuknya meliputi pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM), layanan konsultasi ataupun monitoring dan evaluasi,” tambahnya.

Sebelumnya, Kanwil DJPBN Sultra juga telah menggelar workshop terkait pengelolaan keuangan BLU dan BLUD demi engembangkan kapasitas SDM pengelola. Pihak-pihak kompeten dihadirkan untuk berbagi ilmu seputar peningkatan kinerja BLU dan BLUD dalam mendukung peningkatan realisasi PNBP. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top