Disdik Butur Belum Realisasi Pembayaran Sisa TPG 2016 – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Utara

Disdik Butur Belum Realisasi Pembayaran Sisa TPG 2016

KENDARIPOS.CO.ID — Delapan bulan telah berlalu. Titik terang pembayaran sisa tunjangan profesi guru (TPG) tahun 2016 yang menjadi hak 663 tenaga pendidik di Kabupaten Buton Utara (Butur) belum juga dituntaskan. Janji pejabat di Dinas Pendidikan Butur yang memastikan, pencairan sisa tunjangan dengan total Rp 2 miliar itu akan direalisasikan Juli 2017 lalu, tak juga dibuktikan.

Para tenaga pendidik di daerah itu mulai kehilangan kesabaran. Mereka menyayangkan sikap petinggi pada satuan kerja perangkat daerah yang dipimpin Agus Pria Budiana tersebut karena tak valid memberikan informasi terkait jadwal pasti pencairan sisa tunjangan profesi yang merupakan hak tenaga pendidik setelah menunaikan kewajiban mengajar 24 jam dalam seminggu.

Amir, Guru SMP Kambowa mengaku, tunjangan profesinya untuk satu bulan pada Desember 2016 lalu hingga kini belum dibayar. Ia pun mempertanyakan, keseriusan Dinas Pendidikan menyelesaikan persoalan tersebut.

Guru fisika itu menuding, belum dibayarkannya sisa tunjangan bukan karena kekurangan anggaran yang disalurkan pemerintah pusat. Ia mensinyalir, penyebabnya karena banyak data guru yang dilaporkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, tak valid. Itu karena ada pergantian pejabat pengelola TPG di Dinas Pendidikan Butur setelah bergantinya kepala dinas, akhir tahun lalu.

“Ratusan tenaga pendidik menagih janji kepala dinas pendidikan yang memberikan harapan sisa TPG tahun 2016 akan segera dibayar. Hingga saat ini tak ada tanda-tanda penyampaian secara resmi pada 663 guru. Ini sangat disayangkan. Kami tak akan melakukan aksi turun ke jalan lagi. Kami akan tetap menunaikan tugas sebagai tenaga pendidik. Hanya saja, kami kecewa atas janji yang disampaikan namun tak ada realisasinya,” sindir Amir saat ditemui di SMP Kambowa, Senin (4/9).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendikan Butur, Agus Pria Budiana tak membantah jika sisa tunjangan profesi guru belum terbayar. Mantan Camat Bonegunu ini berdalih, dana untuk pencairan sisa tunjangan profesi belum ditransfer ke kas daerah, meski pihaknya telah mengantongi surat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI perihal pembayaran tunjangan.

“Persoalannya, anggaran dari kementerian keuangan belum ditransfer. Kalau sudah masuk tentunya segera kami cairkan. Untuk apa ditunda-tunda,” argumen Agus Pria Budiana, senin(4/9).

Ia merinci, sisa tunjangan profesi yang belum disalurkan sebanyak Rp 2,1 miliar bagi 663 guru pada semua tingkat satuan pendidikan. Agus menepis anggapan jika tak tuntasnya pembayaran TPG karena data guru yang tidak valid.

Ia menambahakan, pembayaran sisa tunjangan profesi merupakan tanggung jawab pemerintah pusat. Untuk memediasi percepatan pencairan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Pendidikan. Sisa tunjangan akan tetap terbayar. Hanya saja waktunya belum bisa dipastikan,” jawabnya. (b/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top