Banyak Lods di Pasar Wangiwangi Wakatobi Dikuasai Calo – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Wakatobi

Banyak Lods di Pasar Wangiwangi Wakatobi Dikuasai Calo

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
Banyak lods pada dua pasar di Wangiwangi yang tak difungsikan. Ada calo yang menguasai tempat usaha tersebut dan mencari keuntungan pada pedagang yang hendak menyewa lods.

KENDARIPOS.CO.ID — Banyaknya lods yang tak difungsikan pada dua pasar di Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi membuat Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Kamaruddin geram. Pasalnya setelah diusut tim di lapangan, lods maupun kios yang masih kosong tersebut bukan milik pedagang. Kamaruddin menduga, ada spekulasi calo sehingga menyebabkan lods tersebut kosong.

Ia bahkan telah menemukan beberapa oknum masyarakat yang menjadi calo lods. Ia menduga peruntukan lods maupun kios baik di Pasar Sentral maupun Pasar Pagi tak semuanya untuk pedagang. “Karena para calo yang memiliki lods atau kios ini justru tidak memanfaatkannya. Setelah kita telusuri ternyata mereka (calo) akan menyewakan lods ke penjual. Mereka memanfaatkan untuk mencari keuntungan,” ungkapnya, Senin (4/9).

Ia menyayangkan kondisi tersebut. Padahal seharusnya lods dan kios diperuntukkan bagi para pedagang bukan yang lainnya. Kamaruddin berjanji akan menindak tegas para calo agar pasar dapat dihuni pedagang sesungguhnya dan berimbas positif bagi pendapatan asli daerah (PAD).

Kendati tak merinci jumlah lods maupun kios yang masih kosong, mantan Kepala Dinas PU, Tata Ruang, Pertambangan dan Energi Wakatobi itu menegaskan, hal tersebut sangat mempengaruhi pendapatan daerah. “Makanya PAD kita tahun ini merosot sekali karena sumbernya ada di pasar itu,” sambungnya. Makanya, ia akan turun tangan menentukan siapa yang berhak menggunakan lods maupun kios di pasar-pasar. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top