281 Kuota Pendamping Desa di Sultra Diperebutkan Ribuan Orang – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

281 Kuota Pendamping Desa di Sultra Diperebutkan Ribuan Orang

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tengah merekrut calon pendamping desa (PD) tahun ini. Hingga masa pendaftarannya 31 Agustus lalu, tercatat 14 ribu pendaftar online yang masuk ke website kementerian. Dari jumlah itu, sekira 4.357 orang berebut 281 kuota di Sultra. Hanya saja, setelah dilakukan verifikasi berkas hanya lebih dari seribuan pendaftar dinyatakan memenuhi syarat dan bisa lanjut ke tahap berikutnya.

Jumlah pendaftar itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Sultra, Tasman Taewa, Senin (4/9). Dia Hari ini peserta yang dinyatakan lolos berkas akan diumumkan. “Kita umumkan di koran Kendari Pos besok (hari ini,red) siapa saja yang lolos. Karena tadi pagi (kemarin,red) kami sudah dapat datanya dari kementerian,” ujar Tasman Taewa di ruang kerjanya, Senin (4/9)

Dia memastikan tak ada “permainan” dalam seleksi itu. Semuanya telah diproses sesuai dengan mekanisme dan kelengkapan berkas masing-masing pendaftar. Mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga itu juga menegaskan perekrutan itu masih akan berlanjut pada ujian tulis dan tes wawancara.

Para penguji yang siap mencari 281 kandidat terbaik terdiri dari tiga orang dari akademisi, dua dari Kemendes, dua penguji dari DPMD Provinsi Sultra dan satu dari pejabat pengadaan. “Kita pastikan ini profesional. Komposisi tim penguji sudah lengkap. Ada unsur akademisi, pemerintah pusat, dan daerah,” klaim Tasman Taewa.

Sementara itu, PPK Satker Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Sultra, Muhammad Sofyan menuturkan pihaknya kini sudah mempersiapkan proses penerimaan pendamping desa itu. Dijadwalkan rangkaian tes akan berakhir Oktober nanti. ” Oktober itu sudah penempatan dan tanda tangan kontrak,” ujar Muhammad Sofyan.

Penempatan itu kata dia tak akan menggeser pendamping desa yang sudah ada. Melainkan ditempatkan di desa yang masih kosong tenaga PD. “Dalam formulir itu sudah kelihatan desa mana saja yang kosong, sehingga tidak perlu cemas ada yang ditempatkan tidak sesuai harapan,” pungkasnya. (ely/b)

Tahapan Rekrutmen Pendamping Desa Tahun 2017

Tes Tertulis : 10 September
Tes Wawancara : 18-19 September
Pelatihan Pratugas : 23 September -1 Oktober
Kontrak Kerja : 2 Oktober

Sumber : DPMD Sultra

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top