Stok Beras di Konawe Aman – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Ekonomi & Bisnis

Stok Beras di Konawe Aman

KENDARIPOS>CO.ID WANGGUDU- Merosotnya produksi beras di Konawe akibat cuaca ekstrem beberapa waktu lalu, tak mempengaruhi ketahanan pangan masyarakat. Nyatanya, persediaan beras masih tetap melimpah meski ratusan hektar sawah mengalami gagal panen.

Kepala Bulog Divre Unaaha, Andi Nurhayati menyebutkan, stok beras di gudang badan usaha milik negara itu saat ini mencapai 972 ton. Diprediksi persediaan beras itu bisa bertahan hingga sembilan bulan, atau sampai tiba masa panen selanjutnya. “Kita aman sampai tahun depan. Padahal beberapa daerah kurang bagus hasil panennya dan ada yang gagal. Tapi kita masih bisa bertahan sampai panen selanjutnya,” terang Andi Nurhayati, akhir pekan lalu.

Menurutnya, pada tahun lalu, Konawe surplus beras, karena hasil produksi sangat berlimpah dan tidak ada gagal panen. Namun, karena masalah cuaca yang tidak menentu, bahkan membanjiri sawah masyarakat, sehingga hasil produksi tahun ini juga menurun. “2016 lalu, kita menyuplai beras sampai ke Tual, Gorontalo, Wakatobi, Kolaka, bahkan Muna. Tapi sekarang secara otomatis kita tidak bisa menyuplai banyak lagi, mungkin dikurangi beberapa ton untuk persediaan daerah juga,” jelasnya.

Tahun ini Bulog baru menyerap sampai 50 persen dari tahun lalu. “Kalau tahun lalu kita menyerap sampai 8000 ton, sekarang kita baru menyerap 4000 ton. Tapi untuk panen gadu (padi yang dipanen pada musim kemarau) akhir tahun ini. Kita optimis bisa serap sampai 3000 ton gadu, karena cuaca sudah mulai membaik. Saluran irigasi pada beberapa daerah juga baru dibuka, jadi masih sekitar tiga bulan ke depan petani akan panen lagi,” pungkasnya.(c/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top