Prestasi Meningkat UHO Makin Hebat, Prof Zamrun : Saya Apresiasi Peran Kendari Pos – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

Prestasi Meningkat UHO Makin Hebat, Prof Zamrun : Saya Apresiasi Peran Kendari Pos

Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin (kanan) menyerahkan cenderamata kepada Rektor UHO, Prof Muh Zamrun disela pelaksanaan wisuda gelombang III Periode April-Juli di Auditorium Mokodompit UHO. Foto : Angga/Kendari Pos.

KENDARIPOS.CO.ID — Prof Muh Zamrun memang sosok pemimpin cerdas dan visioner. Dia bisa menjadi garansi kemajuan Universitas Halu Oleo (UHO) di masa depan. Usianya masih muda, dan menguasai beberapa bahasa asing sehingga memudahkan baginya membangun chemitry (kerjasama,red) dengan dunia internasional. Semua itu akan menjadi pembuka jalan membawa UHO lebih hebat lagi.

Tanda-tanda itu mulai terlihat. Baru genap sebulan memimpin kampus negeri terbesar di Sultra itu, sejumlah penghargaan sudah diperoleh. Mulai dari masuk peringkat 37 kampus terbaik nasional hingga jadi 20 besar sebagai green campus nasional. Prestasi ini memungkinkan akan terus meningkat, mengingat banyak program dan terobosan cerdas yang sudah disiapkan.

“Komitmen kita, UHO harus bisa sejajar dengan kampus ternama di tanah air maupun internasional. Untuk mewujudkan itu, semua harus bersinergi membangun kampus ini. Prestasi yang diraih saat ini adalah awal kita memacu kualitas pendidikan. Ke depan, kita akan bawa UHO bangkit dengan ilmu pengetahuan dan riset,” kata Prof Zamrun.

Untuk semua prestasi itu, lanjut mantan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) UHO, menandai era baru kampus yang dipimpinnya. Era yang akan penuh dengan optimisme dan semangat pembaharuan. “Kita harus yakin, dengan kerja keras dan kemauan, UHO masih bisa lebih hebat lagi,” ujarnya.

Kendati begitu, Prof Zamrun menyadari kemajuan suatu institusi tak akan maksimal tanpa ada dukungan semua pihak, termasuk media. Sebagus apapun program yang dirancang, kalau tidak dipublikasi media, maka sudah pasti masyarakat tak akan tahu. Pada akhirnya, mereka tak akan memilih kampus tersebut untuk pendidikan anaknya.

Selama ini, lanjut dia, Kendari Pos telah melakukan peran itu. UHO bisa dikenal di seantero Sultra bahkan nasional, salah satunya berkat pemberitaan media pertama dan terbesar di Sultra itu. “UHO dan Kendari Pos harus terus sinergi untuk mendukung kemajuan daerah. Tentu melalui peran masing-masing. UHO menciptakan sumber daya manusia (SDM) handal dan berdaya saing, sedangkan Kendari Pos melalui pemberitaan positif,” jelasnya.

Melalui pemberitaan Kendari Pos, Prof Zamrun ini UHO bisa dikenal masyarakat melalui prestasinya, bukan lagi tentang demonstrasi ataupun anarkisme. Saatnya membangun citra kampus ini sebagai lembaga pendidikan yang berbudaya akademis dan riset. “Ke depan kita akan menjangkau masyarakat dengan prestasi, bukan demo lagi. Biar masyarakat tahu, kalau UHO sekarang sudah menjadi kampus yang tepat untuk menimba ilmu,” terangnya.

Zamrun punya harapan besar, bersama Kendari Pos bisa membantu mencapai misinya. Baginya, media yang punya tagline “Santun dan Menginspirasi” ini bukan hanya sekadar lembaga pers, tapi sudah menjadi elemen pembangun Sultra. “Kendari Pos sudah terbukti membangun daerah dengan berita positif dan informatifnya. Kita senang ada media seperti ini, terutama untuk menyajikan pemberitaan ragam kegiatan akademis dan riset UHO,” katanya.

Ketua Senat UHO, Aminudin Mane turut mengapresiasi peran Kendari Pos. Dirinya sepakat, jika citra UHO harus betul-betul menggambarkan lembaga riset dan pengembangan keilmuan. “Saat ini UHO akan menjangkau Sultra dengan konten berita positif. Ini akan menjadi modal UHO lebih baik lagi,” harapnya. Selain Kendari Pos, Prof Zamrun juga mengapresiasi peran Bank Sultra. Menurutnya, selama ini Bank Sultra telah memberikan pelayanan maksimal kepada mahasiswa dan seluruh civitas akademika UHO.

Sebagai tambahan, pekan lalu UHO kembali mewisuda sekira 2.000 mahasiswanya. Wisuda tersebut dibagi dalam tiga gelombang yang dilakukan selama tiga hari. Wisuda yang merupakan kesembilan untuk program doktor, wisuda ke-74 untuk program sarjana dan wisuda ke-73 untuk program vokasi, berlangsung sukses. UHO memberikan banyak penghargaan kepada mahasiswa dan dosen berprestasinya.

Menariknya, dalam wisuda kali ini, UHO mencatat sejarah baru dengan menamatkan wisudawan termudanya sepanjang kampus itu berdiri. Dia adalah Muhammad Iqbal Kusumabaka Rianse, mahasiswa jurusan Teknologi Pangan, Fak. Teknologi dan Industri Pertanian, UHO. Iqbal tercatat hanya membutuhkan waktu 3 tahun 0 bulan sebelum menyandang gelar sarjana strata satu (S-1) di usianya yang baru 19 tahun. Putra mantan rektor UHO, Prof Usman Rianse itu berhasil menjadi wisudawan termuda sekaligus tercepat di UHO.

“Soal wisudawan termuda, saya menilai itu buah dari kerja keras dari seluruh pihak yang terlibat. Tentu, saya tidak ingin dibilang karena jasa ayah saya yang mantan rektor. Kuncinya, dengan belajar giat kita bisa menciptakan prestasi,” jelas Iqbal yang lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,88.

Prestasi itu dilengkapi dengan capaian Andi Rizkha Fadillah Malarangeng, mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2013. Ia turut mengharumkan nama kampusnya usai menyabet titel juara I Bintang Radio tingkat ASEAN. Puluhan peserta dari empat negara berhasil disisihkan Rizkha. Dirinya sangat bangga, sebab UHO mendukung penuh perjuangannya berlaga diajang bergengsi yang dihelat di Ambon, beberapa waktu lalu.

“Ini bukti bahwa di UHO kita bisa berprestasi. Saya sangat berterima kasih kepada UHO yang telah mendukung mahasiswanya untuk menunjukkan bakatnya. Ke depan, saya berkomitmen untuk terus berkompetisi untuk mengharumkan nama almamater,” tuturnya.

Senada, Ilmadrajat, mahasiswa Teknik Geofisika, Fak. Ilmu dan Teknologi Kebumian UHO itu berhasil menjadi juara dua MTQ Mahasiswa Nasional XV di Malang untuk Cabang Hifzhil Quran 5 Juz. Dirinya mengakui jika UHO sangat berperan penting dibalik prestasinya. Juara di ajang nasional baginya, adalah kesempatan berkarya untuk kampusnya. “Alhamdulilah Pak Rektor sangat mendukung. Saya bangga karena bisa membawa nama UHO di sana dan dapat juara,” tukasnya.

Prestasi para mahasiswa tersebut ikut dilengkapi apa yang ditorehkan oleh para Dosen. Prof. Dr. Ir. H. Usman Rianse, M.S salah satunya yang kini dinobatkan sebagai pelopor dan inisiator Green Metrik. Mantan rektor UHO itu dipandang sebagai tokoh yang memulai green campus di UHO. “Saya dedikasikan penghargaan ini untuk kampus kita tercinta. Sudah saatnya kita tempatkan UHO sebagai kampus terdepan Indonesia,” katanya yang disambut riuh tepuk tangan hadirin pada prosesi acara wisuda gelombang III UHO, pekan lalu.

Untuk semua prestasi itu, ditegaskan Prof Zamrun, selaku Rektor UHO, menandai era baru kampus yang dipimpinnya. Era yang akan penuh dengan optimisme dan semangat pembaharuan. Zamrun berkomitmen akan membawa UHO sejajar dengan kampus kenamaan lain di Indonesia. “Semua harus bersinergi membangun kampus ini. Prestasi yang diraih saat ini adalah awal kita memacu kualitas pendidikan. Kedepan, kita akan bawa UHO bangkit dengan ilmu pengetahuan dan riset,” kata Zamrun saat menyampaikan sambutan di acara pelepasan wisudawan/wisudawati UHO. (b/m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top