Peserta Jamkesda Sultra Dialihkan ke JKN-KIS – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Peserta Jamkesda Sultra Dialihkan ke JKN-KIS

Wa Ode Sitti Febriani/Kendari Pos
Plt. Gubernur Sultra, Saleh Lasata, saat menyerahkan Kartu BPJS Kesehatan Secara Simbolis, pekan lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Terhitung tanggal 31 Agustus, seluruh peserta Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Bahteramas resmi dialihkan secara otomatis ke Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Artinya, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan didaulat oleh Pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra, untuk menjamin layanan kesehatan prima bagi masyarakat kurang mampu.

Deputi Direksi Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Maluku, I Made Puja Yasa mengatakan, integrasi peserta Jamkesda ke JKN-KIS sejalan dengan misi meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Dengan ini, adanya data pasti jumlah masyarakat yang diintegrasikan ke dalam program JKN-KIS dapat memudahkan pemerintah daerah (Pemda) dalam mengalokasikan anggaran pasti sesuai dengan besar iuran peserta BPJS Kesehatan.

“Dari sisi manfaat layanan, jelas akan lebih luas. Jika kemarin terbatas di Sultra saja maka dengan ini menjadi level nasional. Kasus-kasus yang tidak mampu dikelola di tingkat provinsi maka bisa didapatkan lewat JKN-KIS,” katanya.

Mekanisme integrasi diawali dengan pendataan. Data masyarakat dari daerah yang diserahkan kepada BPJS Kesehatan selanjutnya diverifikasi lalu dimasukkan ke dalam master file kepesertaan BPJS Kesehatan. Mereka otomatis terdaftar di fasilitas kesehatan tingkat pertama (Puskesmas) yang terdekat dari domisili masing-masing. “Dengan integrasi Jamkesda, di Sultra tinggal 720 ribu kepala yang belum tercover,” bebernya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, dr. Dina Diana Permata, AAK. pun mengatakan, proses integrasi ini adalah bentuk konkret dukungan dari Pemda. Manfaat yang bisa dilihat, saat sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, masyarakat tidak perlu bingung apalagi mengeluarkan biaya untuk berobat. Maka dengan terjaminnya penduduk Sultra ia harap mampu mendongkrak produktivitas untuk penguatan ekonomi daerah.

Menurut Dina, peran Pemda Sultra dalam mewujudkan universal health coverage terlihat jelas dengan integrasi Jamkesda ke JKN-KIS. Sejatinya Sultra memiliki 2.551.146 penduduk dan yang telah masuk ke dalam program JKN-KIS sebanyak 1.731.974 atau 67,89 persen. Adapun yang terdaftar dalam program JKN-KIS melalui BPJS Kesehatan sebanyak 38 ribu jiwa.

“Dengan kerjasama ini, Pemprov Sultra memberikan perlindungan keuangan bagi masyarakat kurang mampu agar mereka tidak kesulitas biaya ketika sakit selain untuk meningkatkan akses pelayanan dan status kesehatan masyarakat,” urainya.

Kabar baiknya, mulai tanggal 1 September 2017, masyarakat Sultra yang telah didaftarkan ke dalam program JKN-KIS dapat memanfaatkan pelayanan kesehatan di seluruh fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pemprov Sultra dan pemerintah kabupaten/kota yang telah mengintegrasikan program Jamkesdanya ke program JKN-KIS. Ke depan, peran serta pemerintah daerah bukan hanya dari sisi pembiayaan iuran penduduk kurang mampu namun bagaimana mengoptimalkan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat. Kami siap bekerja bersama-sama,” tegasnya.

Kata Plt. Gubernur Sultra, Saleh Lasata, Indonesia sehat, Indonesia Sejahtera dan Indonesia Pintar adalah 3 program utama pemerintah. Integrasi menurutnya bukan final tapi jadi gerbang menuju yang lebih besar. Harapannya, fasilitas kesehatan terus menaikkan kualitas layanan dan sarana prasarana. Ia pun mengapresiasi komitmen Kementerian Kesehatan, meningkatkan mutu Puskesmas karena ini sejalan dengan program JKN-KIS. “Untuk menjamin masyarakat Sultra maka kita harus saling sinergi,” tandasnya. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top