Penyaluran Bantuan Alsintan di Muna Belum Jelas – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Muna

Penyaluran Bantuan Alsintan di Muna Belum Jelas

KENDARIPOS.CO.ID — Bantuan alat mesin dan pertanian (Alsintan) yang dijanjikan akan disalurkan di Kabupaten Muna hingga kini belum juga sampai ke tangan petani. Sebelumnya, setelah ada bantuan 15 unit hand traktor, daerah itu akan mendapat Alsintan lainnya dalam upaya meningkatkan produksi hasil pertanian. Mulai dari 10 unit traktor roda empat, alat tanam jagung sebanyak dua unit serta satu alat berat. Sayangnya pemerintah pusat belum memberi kepastian kapan bantuan tersebut diserahkan.

Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Muna pun sempat mempertanyakan pada pihak kementerian terkait realisasi Alsintan itu. Pasalnya, wacana penyerahan bantuan sudah dijanjikan sejak medio Juli lalu. “Hari Selasa pekan lalu, kami dijanji. Tapi saat dipastikan kembali, pihak kementerian yang menangani itu masih liburan Idul Adha. Sehingga, mereka menginstruksikan agar senin (4/9), dipastikan kembali, ” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, La Ode Hamalin, Minggu (3/9).

Menurutnya, Alsintan tersebut sudah ada. Hanya saja, untuk memastikan keberadaannya, mereka akan melakukan pengecekan kembali. Makanya La Ode Hamalin tetap optomis bantuan Alsintan segera tiba di Muna. “Nanti hari Senin saya pastikan lagi. Kalau sudah ada pasti kami informasikan, ” ulangnya menegaskan.

Pria berkacamata ini juga menjelaskan, bantuan Alsintan tak dikelola oleh kelompok tani. Sebab ada organisasi yang diberi nama “Brigade Alsintan” sebagai pihak pengelola. Instansinya tetap sebagai perpanjangan tangan dalam menerima usulan masyarakat tani. Pihaknya juga berharap, apa yang telah diberikan oleh pemerintah pusat dapat dimaksimalkan, utamanya meningkatkan hasil produksi tanaman jagung. (c/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top