Oktober, Warga Tahura Direlokasi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Oktober, Warga Tahura Direlokasi

Warga Tahura yang akan direlokasi.

KENDARIPOS.CO.ID — Relokasi warga yang bermukim di kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Kelurahan Punggaloba, Kecamatan Kendari Barat ditargetkan tuntas Oktober mendatang. Saat ini, Pemerintah Kota Kendari sudah melakukan pendataan warga yang akan dipindahkan ke Kelurahan Purirano, Kecamatan Kendari. Dari 167 warga yang terdata, sebanyak 50 warga sudah siap untuk dipindahkan.

Hal tersebut disampaikan Hasman Dani, Lurah Punggaloba saat dihubungi, Kendari Pos. Menurutnya, jumlah awal warga bermukim di Tahura sebanyak 218 jiwa, kini dari hasil pendataanya, tersisa 167 warga setelah 51 warga sudah berpindah domisili. “Sudah ada beberapa yang siap pindah, sekira 50 orang. Sisanya masih pikir-pikir dulu,” ujar Hasman Dani kepada Kendari Pos.

Terpisah, Kepala Bidang Perumahan, Dinas Tata Kota dan Pemukiman Kota Kendari, Yusran menyampaikan jika rencana relokasi warga Tahura akan dilakukan sebelum Oktober nanti. Bahkan, sebenarnya relokasi akan dilakukan lebih awal, hanya saja menunggu penyelesaian administrasi sehingga harus diundur. “Jelasnya ditargetkan sebelum Pak Wali habis masa jabatannya, relokasi sudah akan dilakukan,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kota Kendari, Alamsyah Lotunani menjelaskan kewenangan relokasi sepenuhnya berada di pihak pengelola Tahura. Pemkot, kata Alamsyah, hanya berwenang melakukan pendataan warga yang akan dipindahkan, dan juga menyiapkan tempat relokasinya. “Kita koordinasikan terus dengan (pemerintah) Provinsi, bahkan kita sudah ada tim yang mengurusi itu,” ucapnya.

Ketua KONI Kota Kendari itu berharap, warga yang bermukim di Tahura mau dengan legawa untuk dipindahkan. Pasalnya, relokasi dilakukan untuk penyelamatan kawasan hutan lindung dari ancaman perambahan oleh pemukiman. “Disana (Purirano) sudah disiapkan rumahnya. Pemerintah sudah berupaya untuk memenuhi hak dan permintaan masyarakat di Tahura,” tukasnya.

Salah satu warga Punggaloba (Tahura) yang tidak berkenan namanya dicantumkan mengaku, pada umumnya warga Tahura bersedia untuk direlokasi. “Hanya saja, disana (Purirano) akses sekolah jauh dan juga mata pencaharian kami bagaimana ? Kami harap ada kebijaksaan dari pemerintah,” imbuhnya. (m1/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top