Dinkes Kota Kendari : Waspada Bakteri Ecoli dalam Air Galon – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Dinkes Kota Kendari : Waspada Bakteri Ecoli dalam Air Galon

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kesehatan Kota Kendari meminta masyarakat agar menjadi konsumen cerdas, terutama ketika menggunakan air minum isi ulang (galon). Masyarakat diimbau untuk selektif dalam memilih air galon. Dinkes menganjurkan masyarakat agar melakukan isi ulang air galon langsung di depot.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum menyampaikan hal itu. Menurutnya, masyarakat sebisa mungkin tidak melakukan penukaran galon diwarung-warung. Sebab air galon yang diperoleh bukan melalui depot langsung lebih berpotensi mengandung jamur atau bakteri Escherichia Coli atau yang disingkat Ecoli.

“Kami menyarankan, kalau isi air galon jangan di warung. Biasakan di depotnya langsung. Kalau yang diwarung biasanya sudah mengendap beberapa lama, dan potensi jamurnya besar. Itu bahaya kalau dikonsumsi. Bisa menyebabkan penyakit pada organ pencernaan seperti menyerang usus sehingga mengakibatkan diare,” ujar Rahminingrum saat dihubungi, Kendari Pos.

Untuk itu, selain meminta kepada masyarakat agar menjadi konsumen cerdas, Rahminingrum melalui dinasnya juga mengintensifkan pengawasan terhadap seluruh usaha air minum isi ulang. Diantaranya, tim Dinkes Kota Kendari rutin melakukan pemeriksaan kualitas air secara berkala. “Kita tiga bulan sekali turun ke lapangan. Selain itu, mereka yang buka usaha depot, kita perketat izinnya. Utamanya menyangkut kualitas air yang digunakan,” tukasnya.

Rahminingrum bersyukur, sampai sejauh ini belum ditemukan kasus depot nakal. Meskipun saat ini pertumbuhan usaha depot semakin banyak. “Alhamdulillah belum ada kasus, tapi bukan berarti semua galon itu aman. Intinya teliti saja, dan usahakan mengisi langsung di depot. Insya allah lebih terjamin,” imbuhnya. (m1/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top