Asrun : Hikmah Idul Adha Sabar dan Syukur – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Asrun : Hikmah Idul Adha Sabar dan Syukur

Asrun memeluk warga yang datang di rumah jabatan.

KENDARIPOS.CO.ID — Idul Adha 1438 H ini merupakan yang terakhir bagi Plt. Gubernur Sultra, Saleh Lasata dan Wali Kota Kendari, Asrun dalam kapasitasnya sebagai pimpinan daerah. Sebab, masa jabatan keduanya akan segera berakhir. Momen Idul Adha ini, Saleh Lasata dan Asrun ingin lebih dekat dengan masyarakat dan aparaturnya. Salah satunya melalui open house dan menjamu masyarakat di rumah jabatan (Rujab).

Di hari spesial umat Islam itu, Asrun memanfaatkannya dengan menggelar open house untuk bersilaturahmi bersama kerabat dan seluruh kolega di birokrasi Pemkot Kendari di rumah jabatannya. Tetamu yang hadir disambut hangat dan penuh keakraban oleh Wali Kota Kendari dua periode itu.

Sekretaris Kota Kendari, Alamsyah Lotunani, para pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan anggota DPR RI, Amirul Tamim hadir dalam open house tersebut. Dalam sambutannya, Asrun mengajak tamunya untuk senantiasa mengambil hikmah dari Idul Adha. “Kita senantiasa harus bersabar disetiap ujian hidup seperti yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim dan anaknya (Nabi) Ismail. Dengan itu, niscaya Allah SWT akan memberi kita kekuatan,” ujar Asrun.

Asrun menambahkan, momen Idul Adha menjadi kesempatan merekatkan hubungan sosial sesama umat muslim. Melalui ibadah kurban, kata Asrun, umat muslim diajarkan makna berbagi sekaligus rasa syukur kepada sang Pencipta. “Alhamdulillah kita semua masih diberi kesempatan berkurban tahun ini. Mudah-mudahan kita bisa memetik hikmah. Artinya, masih ada kesempatan beramal dan berbuat kebajikan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Asrun beserta keluarga besar, termasuk Wali Kota Kendari terpiliha, Adriatma Dwi Putra melangsungkan salat Idul Adha di kompleks stadion Lakidende. Sementara itu, momen Idul Adha mempertemukan seluruh pimpinan SKPD, forum komunikasi pimpinan daerah dan tokoh masyarakat Sultra di rumah jabatan Wakil Gubernur sekaligus Plt. Gubernur Sultra Saleh Lasata. Acara yang biasanya dipusatkan di rujab gubernur itu memang terlihat berbeda. Meski begitu, seluruh pimpinan SKPD tetap datang.

Bagi Saleh Lasata itu adalah Idul Adha terakhir yang dilewatinya saat berstatus sebagai pejabat birokrasi. Karenanya, ucapan maaf juga disampaikannya kepada seluruh tamu yang hadir. Satu demi satu mereka masuk dan bersalaman setelah mengikuti salat Id di pelataran Eks MTQ Square. “Saya minta didoakan supaya terus sehat, karena usia saya tidak muda lagi untuk mengemban amanah sebagai Plt. Gubernur,” ujar Saleh Lasata.

Provinsi Sultra kata dia, akan kembali melewati momentum Pilkada serentak. Gejolak politik dan sosial ekonomi sudah pasti terjadi namun ia mengingatkan agar kebersamaan harus tetap dijaga. “Kita harus ikhlas, sabar melewati semua cobaan hidup ini,” pintanya. Masih kata Saleh Lasata, Idul Qurban harus mampu dimaknai sesuai syariatnya. Menyerahkan hewan kurban semata-mata untuk niat ibadah. Agar fakir miskin bisa merasakan uluran tangan dari orang-orang mampu.

Hari kurban Jumat lalu, Pemprov mengurbankan sekira 95 ekor hewan. Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Sultra Muhammad Arfah menyebutkan 91 ekor sapi dan 4 ekor kambing itu disumbang oleh Presiden Joko Widodo satu ekor sapi, keluarga gubernur Nur Alam lima ekor, keluarga Plt.Gubernur Sultra M. Saleh Lasata satu ekor, keluarga Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra Lukman Abunawas dua ekor sapi.

Sementara itu seluruh Biro Setda Sultra sembilan ekor, SKPD Setda Sultra 60 ekor, Baznas Provinsi Sultra lima ekor, Korem 143 Halu Oleo lima ekor sapi dan dua ekor kambing. “Sebelum kami antarkan ke masjid-masjid sudah kita pastikan kesehatan qurbannya,” katanya.
(m1/ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top