Tim Gabungan Pantau Pasar Sentral Lacaria di Kolut – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kolaka Utara

Tim Gabungan Pantau Pasar Sentral Lacaria di Kolut

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Pemantauan yang dilakukan tim gabungan di Pasar Sentral Lacaria, Kecamatan Lasusua, rabu(30/8). Selain menemukan sejumlah produk kedaluwarsa, tim itu juga mengetahui ada alat ukur pedagang yang tidak sesuai takaran standar.

KENDARIPOS.CO.ID — Tim gabungan menggelar operasi di Pasar Sentral Lacaria, Kecamatan Lasusua, Kolaka Utara (Kolut). Sejumlah barang kedaluwarsa serta alat takar tak sesuai ukuran dan merugikan konsumen disita, Rabu (30/8). Tim inspeksi tersebut beranggotakan aparat kepolisian, polisi pamong praja (Pol PP), Dinas Perdagangan, Pertanian, Ketahanan Pangan, Badan Pusat Statistik, DPRD Kolut dan Bulog Kolaka.

Wakapolres Kolut, Kompol Robert Silas Boroh yang dikonfirmasi saat pengawasan tersebut menjelaskan, kegiatan yang melibatkan lintas instansi itu dalam rangka mengecek ketersediaan pangan jelang hari raya Idul Adha. Mereka sebelumnya menggelar rapat koordinasi dengan aksi razia ke pasar. “Untuk ketersediaan pangan mencukupi dan harga tetap stabil,” ujarnya, rabu(30/8).

Sejumlah lods dan jualan pedagang dicek. “Kalau bisa dikurangi memasok beras dari luar karena stok di Kolut juga banyak,” saran Kadis Pertanian, Samsu Ridjal. Sejumlah produk kedaluwarsa turut disita dari lima pedagang. Begitu juga alat takar yang tak sesuai ukuran dan bocor sebanyak 15 unit diamankan. “Ini merugikan konsumen,” tegas Sekretaris Perdagangan Kolut, Suwardi.

Menurut Kasatreskrim Polres Kolut, AKP Mohammad Salman, jika barang kedaluwarsa dan alat ukur tak sesuai itu memang harus disita. Apalagi pihak Dinas Perdagangan sudah kerap melakukan sosialisasi dan memberikan peringatan. “Kami imbau pedagang jangan mengurangi literan dan barang yang dijual dari distributor harus dicek dulu. Kalau sudah kedaluwarsa, singkirkan,” tegas Salman. (b/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top