Pemkot Baubau Jamin Hewan Kurban Steril – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Bau-bau

Pemkot Baubau Jamin Hewan Kurban Steril

AKHIRMAN/KENDARI POS
Pemeriksaan ternak sapi yang akan dikurbankan pada hari raya Idul Adha oleh petugas Dinas Pertanian dan Peternakan Baubau.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau mulai melakukan pemantauan terhadap kondisi kesehatan ternak sapi dan kambing yang akan dikurbankan pada hari raya Idul Adha. Instansi teknis dalam hal ini Dinas Pertanian dan Peternakan memantau setiap pos penampungan hewan kurban yang ada di kota pemilik benteng terluas di dunia itu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Kegiatan tersebut telah dilakukan sejak dua hari lalu hingga perayaan Idul Adha, Jumat (1/9) besok. Kepala Bidang  Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Baubau, drh. Jusriati mengatakan, pemeriksaan hewan adalah hal rutin yang selalu dilakukan. Tujuannya untuk memastikan kondisi kesehatan hewan kurban tidak memiliki penyakit menular yang bisa membahayakan kesehatan manusia.

“Alhamdulillah hasil pemeriksaan yang kita lakukan hari kedua ini, seluruh kondisi ternak layak untuk dikurbankan. Kita tidak menemukan penyakit berbahaya dan menular dari ternak ke manusia atau yang sifatnya zoonosis. Baik itu ternak sapi maupun kambing,” ujarnya saat ditemui pada salah satu tempat penampungan hewan kurban di Kota Baubau, Rabu (30/8).

Kata dia, jenis penyakit menular dari ternak ke manusia yang diwaspadai adalah antraks. Namun, masyarakat Kota Baubau tidak perlu cemas akan hal itu. Sebab penyakit tersebut belum ditemukan di wilayah itu. “Dari sisi pengawasan kesehatan hewan dan manusia, ternak di Kota Baubau memenuhi kelayakan untuk dikurbankan,” ungkapnya.

Dalam momentum hari raya nanti, pihaknya akan memperketat pengawasan terhadap ternak yang akan dikurbankan. “Karena ternak atau hewan kurban diambil dari Kabupaten lain seperti Muna, Buton, Buton Utara dan Buton Selatan. Kita akan membagi tim di setiap kecamatan yang ada, sehingga monitoring bisa dilakukan dengan mudah. Masyarakat yang mencurigai hewan kurban mengalami sakit, bisa segera melaporkanya,” sambungnya. (c/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top