Pemboman di Perairan Kolut Tak Terkendali – Hacked by TryDee
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka Utara

Pemboman di Perairan Kolut Tak Terkendali

KENDARIPOS.CO.ID — Aksi pemboman ikan pada Perairan Teluk Bone di Kolaka Utara (Kolut) belum bisa dikendalikan. Spot-spot karang di pesisir otorita Bupati, Nur Rahman itu rusak, namun tidak satupun pelaku illegal fishing tersebut berhasil ditangkap. Awal pekan ini, ledakan itu kembali terdengar di Perairan Kolut yang diperkirakan berjarak dua nautical mile atau 3.704 meter dari daratan Kecamatan Rante Angin. Ledakan ini bahkan terdengar di telinga para pengunjung wisata Pantai Berova, Kecamatan Lasusua.

Kepala Seksi Data, Informasi Nelayan dan Produksi Hasil Penangkapan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kolut, Ali Wardana yang dikonfirmasi Rabu (30/8) juga membenarkan peristiwa itu. Namun ia mengaku, pihaknya hanya mencatat kejadian  itu setelah dilaporkan Camat Wawo. “Belum ada yang pernah ditangkap. Di instansi kami tidak ada kewenangan itu selain mencatat saja berapa kejadian dan melaporkan ke DKP provinsi selaku pihak berwenang,” alasannya, rabu(30/8).

Ia memperkirakan dentuman ledakan di kedalaman perairan Teluk Bone itu secara garis lurus di luar pesisir Labuandala hingga bisa juga terdengar sampai Pantai Berova. Peledakan ini bukan kali pertama namun telah berulang hampir di sepanjang garis pantai Selatan-Utara Kolut. “Sudah sering. Tetapi kami bisa apa,” pasrahnya.

Beberapa wilayah perairan yang kerap terjadi pemboman dibeberkan meliputi Kecamatan Lasusua, Wawo dan Rante Angin, Desa Sorona dan Tambuha, Kecamatan Watunohu, Kosali maupun Toaha, Kecamatan Pakue. Ia mengaku, untuk mencegah tindak kriminal tersebut seharusnya pihak DKP Kabupaten diberi mandat melakukan penangkapan selain pihak kepolisian maupun Lantamal yang sebenarnya ada bersiaga pada beberapa titik kecamatan. (b/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top