Nelayan Bajo Desak Pengusutan Ikan Mengandung Racun di Wakatobi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Wakatobi

Nelayan Bajo Desak Pengusutan Ikan Mengandung Racun di Wakatobi

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
Aksi makan ikan mentah yang dilakukan demonstran sebagai bentuk protes terhadap pemerintah yang lamban menuntaskan isu terkait peredaran ikan terkontaminasi racun di Wakatobi.

KENDARIPOS.CO.ID — Forum masyarakat nelayan Bajo Wangiwangi bersama pedagang ikan kembali melakukan unjuk rasa di depan kantor Bupati Wakatobi, Rabu (30/8). Warga mendesak pemerintah segera meredam isu yang semakin merugikan pedagang dalam beberapa minggu terakhir ini terkait informasi penjualan ikan terkontaminasi racun.

Janji Sekretaris Kabupaten (Sekab) Wakatobi, Muhammad Ilyas Abibu bahkan ditagih untuk mengeluarkan pernyataan resmi jika ikan tangkapan nelayan Bajo tidak mengandung racun. Para demonstran yang melibatkan ibu-ibu melakukan aksi makan ikan segar. Mereka ingin membuktikan bahwa ikan yang ditangkap dan dijual itu tidak mengandung racun seperti isu yang beredar selama ini.

Koordinator Lapangan Aksi Demo, Hanafi menegaskan, isu yang beredar di tengah masyarakat seakan menyalahkan para nelayan yang berasal dari suku Bajo di Mola Raya. Akibatnya, para nelayan dan penjual ikan merugi. Menanggapi tuntutan tersebut, Sekab Wakatobi, Muhanmad Ilyas Abibu berargumen, pemerintah telah menyikapi beredarnya informasi yang berembus tersebut.

Bahkan lima hari terakhir, pihaknya telah membentuk badan ketahanan pangan dan sudah mengutus satuan tugas mengidentifikasi ikan yang beredar di pasar. “Kami tidak diam tapi kami kerja. Pemerintah juga sudah mengundang dari pihak Laboratorium Maros dan Balai Karantina Baubau untuk membantu pemerintah mengidentifikasi ikan-ikan yang dijual masyarakat apakah beracun atau tidak,” jawab Ilyas Abibu.

Menurutnya hanya melalui pemeriksaan laboratorium pihaknya bisa menjelaskan pada masyarakat terkait kondisi ikan yang sesungguhnya. Tak puas dengan jawaban tersebut, para pengunjuk rasa melanjutkan aksinya di gedung DPRD. (b/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top