Dishub Sultra : Arus Mudik Idul Adha Tak Signifikan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Dishub Sultra : Arus Mudik Idul Adha Tak Signifikan

KENDARIPOS.CO.ID — Arus mudik Idul Adha jauh berbeda dengan mudik Idul Fitri. Kondisi pelabuhan penyeberangan dan terminal angkutan di sejumlah titik tak mengalami lonjakan penumpang signifikan jelang Idul Adha. Berdasarkan pantauan Dishub Sultra, hingga H-2 Idul Adha, kenaikan jumlah penumpang hanya berkisar tiga hingga lima persen dari hari biasanya. Jauh berbeda dengan lonjakan arus mudik saat Idul Fitri lalu yang mencapai 15 persen lebih.

Meski begitu, pemerintah tetap mempersiapkan pelayanan mudik bagi masyarakat. Lima instansi terkait sudah saling berkoordinasi untuk tetap menjaga ketertiban mudik kali ini. “Kita sudah koordinasi, ada Dishub, Polda, Jasaraharja, Bina Marga dan Dinkes. Semuanya siap memberikan pelayanan. Misalnya ada jalan yang rusak parah saat dilewati itu Bina Marga sudah siap,” jelas Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina, Rabu (30/8).

Menurut Hado, selain tak ada libur PNS, budaya pulang kampung bagi masyarakat Sultra hanya dilakukan sekali setahun yakni saat Idul Fitri saja. Sehingga, sudah diprediksi kondisi pelabuhan dan terminal pun bandara akan tetap stabil. “Hitungan kami memang tidak akan ada lonjakan yang bisa membuat pelabuhan penuh sesak. Ramai sih tetap ramai tapi masih dalam kondisi normal. Artinya arus mudik tak idul adha tak signifikan,” kata Hado Hasina.

Soal ketersediaan armada, mantan Sekda Butur itu juga mengaku tidak ada masalah. Angkutan yang aktif sejak idul fitri lalu masih tetap prima untuk memberikan pelayanan saat ini. “Kalau kurang banyak armada yang siap. Intinya kita siap menangani arus mudik atau balik saat lebaran ini, termasuk juga kita koordinasi dengan kabupaten kota,” paparnya.

Pantauan Kendari Pos, Rabu kondisi pelabuhan Nusantara Kendari mulai padat. Penumpang yang membeli tiket pada hari yang sama dengan keberangkatannya sudah tak mendapat tiket. Demikian juga halnya situasi di pelabuhan kapal malam juga sudah habis tiket terjual sejak magrib. “Kalau mau berangkat besok, tiket sudah ditangan hari ini,” ungkap salah seorang penumpang. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top