300 Ekor Sapi di Konsel Sehat dan Layak – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Konawe Selatan

300 Ekor Sapi di Konsel Sehat dan Layak

KENDARIPOS.CO.ID — Secara resmi, ada 300 ekor ternak sapi yang tercatat akan dikurbankan pada perayaan Idul Adha di Konawe Selatan (Konsel). Data tersebut dirilis pihak Dinas Peternakan setempat. Untuk menjaga kualitas ternak sapi, terlebih menjaga citra Konsel sebagai sentra bibit sapi nasional, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sudah melakukan antisipasi dengan menghadirkan dokter hewan.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Syamsul mengungkapkan, kegiatan pemeriksaan hewan tersebut bertujuan menghindari kemungkinan resiko penularan zoonosis dengan cara optimalisasi pembinaan secara teknis pada masyarakat.

“Kita pastikan semua hewan ternak sapi yang akan dikurbankan benar-benar steril dan aman. Untuk mengantisipasi itu, H-3 kita melakukan pemeriksaan secara terpadu di beberapa titik pelaksanaan penyembelihan hewan kurban,” ungkap Syamsul usai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Kecamatan Palangga, Rabu (30/8).

Dua dokter hewan dilibatkan dalam pemeriksaan tersebut. Saat ini sudah ratusan ekor sapi telah diperiksa dan dinyatakan aman untuk disembelih. Dalam kegiatan tersebut, Dinas Peternakan mengandeng Kementerian Agama (Kemenag) setempat untuk turut serta memberikan pembinaan secara teknis terkait tata cara pemotongan hewan kurban.

“Demi kehalalan hewan kurban ini kita juga libatkan Kemenag Konsel dengan berkeliling di masjid tempat pelaksanan pemotongan untuk memberikan bimbingan,” tambahnya. (c/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top