Waspada! Resiko Sambung Bulu Mata – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kesehatan

Waspada! Resiko Sambung Bulu Mata

KENDARIPOS.CO.ID — Dari mata, seseorang bisa memancarkan pesonanya. Apalagi kalau dia memiliki bulu mata panjang dan lentik. Wah, bisa bikin orang klepek-klepek dibuatnya. Sayangnya, bulu mata yang indah itu biasanya dimiliki karena faktor genetik. Mereka yang punya darah ‘Arab’ punya potensi besar untuk memilikinya. Tak mau menyerah, kaum wanita dengan bulu mata biasa pun berlomba-lomba untuk memiliki bulu mata indah.

Ada yang meng-kriting bulu mata, dijepit dengan penjepit bulu mata, atau dengan melakukan sambung bulu mata, atau yang biasa disebut extension. Nah, yang sekarang lagi populer adalah yang terakhir disebutkan, yaitu sambung bulu mata. Hal ini tak lepas dari prosesnya yang mudah dan cepat untuk mendapatkan bulu mata yang cantik dan menarik. Namun di balik kemudahannya, sambung bulu mata ini memiliki risiko bagi penggunanya.

Infeksi dan iritasi mata.
Dilansir dari ABC News, dr. Neda Shamie, professor optamologi di Doheny Eye Institute, berpendapat bahwa sambung bulu mata dengan menggunakan bahan kimia memiliki risiko. Dikhawatirkan bahan tersebut masuk ke kornea dan menimbulkan infeksi yang berbahaya untuk organ mata. Waspada bila mengalami mata perih atau mata merah setelah menyambung bulu mata

Alergi.
Alergi pada bagian mata bisa terjadi kalau Sahabat Braito punya kulit yang sensitif. Satu atau beberapa bahan dasar pembuatan extension bulu mata mungkin saja menimbulkan iritasi mata. Penggunaan lem juga dianggap bisa memicu reaksi alergi ketika mengenai bola mata. Hal ini sering terjadi pada perekat yang mengandung formalin. Bila terjadi reaksi alergi, timbul ruam pada mata, mata merah, dan kulit wajah yang menggelembung seperti terisi air.

Cedera mata.
Penggunaan perekat untuk extension bulu mata juga berpotensi menimbulkan cedera mata. Ini terjadi bila ada bakteri atau virus pada bulu mata palsu yang direkatkan pada bulu mata alami. Sahabat Braito akan mengalami konjungtivitis, atau peradangan bila bakteri atau virus itu menyerang organ mata.

Pada kasus lainnya, bulu mata palsu berperekat tak sengaja jatuh dan masuk ke bola mata. Karena masih ada perekatnya, sulit untuk mengeluarkan bulu mata tersebut, yang mengakibatkan cedera mata. Disarankan untuk memilih salon profesional dan rapi dalam mengerjakan sambung bulu mata. Selain itu juga jangan anggap remeh ketika gangguan kesehatan mata terjadi setelah menyambung bulu mata. Misalnya saja tak sengaja ada bulu mata yang masuk ke mata hingga menyebabkan iritasi mata.

Jangan dikucek. Sebaiknya, berikan 1-2 tetes obat sakit mata. Kandungan Tetrahydrozoline Hydrochloride efektif membantu meredakan iritasi mata ringan. Akan tetapi, bila sakit mata berlanjut, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. (net)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top