Tingkatkan Pelayanan, RSUD Butur Bangun Ruang Operasi – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Buton Utara

Tingkatkan Pelayanan, RSUD Butur Bangun Ruang Operasi

KENDARIPOS.CO.ID — Peningkatan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buton Utara (Butur) sedang dimaksimalkan. Untuk mewujudkan itu semua, pemerintah setempat mendapat suntikan anggaran dari dana alokasi khusus (DAK) yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) sebesar Rp 1 miliar yang dialokasikan untuk membangun gedung operasi.

Dinas Kesehatan Butur memastikan, pembangunam gedung instalasi ruang operasi itu ditargetkan rampung tahun ini. Sehingga segera difungsikan untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis melalui tindakan operasi. Dokter ahli alumni kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menjadi mitra pemerintah dengan perjanjian kontrak kerja di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Butur, dr. Muh. Kasrul menerangkan, penambahan gedung baru tersebut untuk melengkapi kebutuhan pasien. Pihaknya, juga telah bekerja sama dengan Unhas untuk penambahan empat tenaga bantuan dasar, yakni spesialisasi anak, penyakit dalam, ahli bedah dan anastesi. Kasrul mengakui, komposisi tenaga dokter di Butur memang belum memadai.

“Tim Kementerian Kesehatan telah meninjau langsung kondisi RSUD Butur. Kehadiran mereka untuk memastikan langsung bahwa pusat pelayanan kesehatan ini benar-benar kekurangan tenaga medis. Kami berharap dengan kunjungan ini, Kemenkes mengirim minimal empat dokter ahli untuk ditugaskan di sini sehingga pelayanan kesehatan dapat maksimal,” ujar Muh Kasrul, Selasa (29/8).

Kasrul menambahkan, sesuai instruksi bupati, sarana pelayanan kesehatan harus terus ditingkatkan. Menurutnya, pembangunan fasilitas pelayanan kesehatan tak hanya difokuskan pada pembangunan gedung. Tetapi juga pengadaan alat kesehatan. Tahun ini, pemerintah telah menggelontorkan anggaran Rp 2,5 miliar untuk pengadaan alat kesehatan.

“Proses lelang Alkes telah tuntas dan pengadaan ditargetkan rampung sebelum akhir tahun ini. Ini untuk mewujudkan akreditasi pusat pelayanan kesehatan di Butur. Pasalnya, hingga kini rumah sakit kita baru mengantongi izin operasional dan belum memadai memberikan pelayanan kesehatan,” tandasnya. (c/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top