September, Lima Unit Ambulans di Kolut Beroperasi – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kolaka Utara

September, Lima Unit Ambulans di Kolut Beroperasi

KENDARIPOS.CO.ID — Lima unit mobil ambulans yang diadakan melalui dana alokasi khusus (DAK), siap beroperasi pada wilayah kecamatan di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Regulasinya sementara digodok untuk ditandatangani Bupati, Nur Rahman yang rencananya siap dilaunching September mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Kolut, Alias, M.Kes menjelaskan, pengadaan lima unit ambulans ini sebagai bentuk respon cepat pihaknya dalam upaya menangani pasien. Nantinya ditekankan, pelayanan tidak melebihi tiga jam setelah laporan diterima. Kendaraan roda empat ini satu paket dengan dokter, perawat maupun sopir saat berada di lapangan.

“Kalau total anggaran pengadaannya saya kurang ingat. Prinsip kami mempercepat respon pelayanan terhadap pasien,” ujar Alias, Selasa (29/8). Kendaraan ini akan disiagakan pada beberapa lokasi dalam waktu tertentu, seperti di pasar, kantor desa, masjid dan lainnya untuk melakukan pelayakan pengobatan dan perawatan.

Dinkes Kolut selaku penanggung jawab langsung operasional ambulans tersebut dan tidak berada dalam kendali Puskesmas. “Hanya dokter maupun perawatnya disiapkan dari Puskesmas kecamatan masing-masing. Ketika dihubungi, dokter dan perawat langsung siap ke lapangan melakukan penindakan,” tuturnya.

Alias menjelaskan, ambulans tersebut akan beroperasi di wilayah Kecamatan Tolala, Pakue Tengah dan sekitarnya, Lapai serta beberapa desa lain serta Kecamatan Wawo yang juga meliputi Rante Angin. “Belum memungkinkan naik lebih jauh ke wilayah pegunungan. Akan ada kesepakatan dengan para kepala desa, setiap pasien yang ditangani, ditentukan titik-titik mana saja tempat kendaraan melakukan penjemputan,” sambungnya. Setiap kendaraan akan dilabeli nomor telepon seluler yang bisa dihubungi langsung oleh warga. (c/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top