Sektor Pariwisata Konkep Terkendala Anggaran – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Kepulauan

Sektor Pariwisata Konkep Terkendala Anggaran

MURSALIN/KENDARI POS
Salah satu obyek wisata eksotis, Air Terjun Tumburano di Kecamatan Wawonii Utara, Konkep. Sayangnya, untuk mengakses destinasi ini, pengunjung harus menempuh jarak 5 kilometer dengan berjalan kaki.

KENDARIPOS.CO.ID — Destinasi wisata di Konawe Kepulauan (Konkep), cukup banyak. Sayangnya belum ada optimalisasi pengelolaan sehingga mampu menarik dan memberi daya pikat bagi wisatawan dari luar daerah. Obyek wisata andalan daerah tersebut diantaranya Pantai Kampa, Air Terjun Tumburano dan Watuntinapi (Kanopi).

Akses jalan menuju obyek wisata andalan Konkep itu belum memadai. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Konkep, Armin membenarkan sulitnya akses menuju destinasi tersebut. Misalnya jalan ke permandian Air Terjun Tumburano, Kecamatan Wawonii Utara yang harus ditempuh sekitar lima kilometer dengan berjalan kaki.

“Kami masih berkoordinasi dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum untuk menata jalan menuju air terjun tersebut,” ujar Armin saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (29/8). Ia juga mengeluhkan minimnya anggaran di instansinya sehingga obyek wisata di Pulau Wawonii belum tersentuh secara maksimal.

“Tahun ini anggaran untuk pariwisata berkisar 200 juta dengan menggunakan dana alokasi umum. Sementara dari dana alokasi khusus tidak ada sama sekali. Dari anggaran yang ada tahun ini, kami hanya membuat gerbang Pantai Kampa dan dua gazebo di Wawonii Barat,” keluh Armin.

Mantan guru olah raga di SMPN 1 Kendari itu mengaku terus menerima saran masyarakat pengunjung obyek wisata. Untuk di Pantai Kampa, beberapa fasilitas seperti taman, toilet dan rumah ibadah sangat dibutuhkan. “Kami tidak bisa berbuat dulu karena anggaran terbatas. Tapi kami tetap optimis, obyek wisata yang ada di daerah ini suatu saat akan berkembang. Terbukti ada investor yang sudah membangun resort dengan fasilitas hotel bintang tiga. Tentunya ini akan membuat daya tarik Pantai Kampa meningkat dan bisa menghasilkan pendapatan asli daerah,” tandas Armin. (c/san)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top