Rayakan Kemerdekaan, Sharp Greenerator Gelar Aksi Hijau – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Ekonomi & Bisnis

Rayakan Kemerdekaan, Sharp Greenerator Gelar Aksi Hijau

Anggota Sharp Greenerator, mengarahkan para siswa dan siswi SMP untuk mengumpulkan sampah di sekitar Kebun Raya Bogor, sebagai bentuk perayaan Hari Kemerdekaan RI. Foto : Sharp for Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Komunitas pecinta lingkungan yang digagas PT Sharp Electronics Indonesia (SEID), yakni Sharp Greenerator, merayakan Hari Kemerdekaan dengan cara berbeda. Untuk pertama kali, nasionalisme ditunjukan dengan menggabungkan semangat perjuangan generasi muda dengan kesadaran menjaga lingkungan hidup. Gagasan ini tertuang dalam Independence Day Amazing Race bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada pekan lalu di Kebun Raya Bogor (KRB) bersama Sharp Greenerator.

Public Relation, Corporate Social Responsibility and Promotion Manager SEID, Pandu Setio mengatakan, pihaknya mendukung penuh Independence Day Amazing Race yang diinisiasi langsung oleh Sharp Greenerator. “Kami melihat perubahan yang cukup signifikan dari anggota Sharp Greenerator, terutama pandangannya terhadap isu lingkungan. Setelah mendapatkan materi dari Sharp dan NGO terkait, mereka makin kritis dan punya inisiatif tinggi untuk menyusun dan mengeksekusi program kampanye hijau sendiri,” urainya.

Dimentori oleh KRB dan LIPI, kegiatan ini berfokus pada salah satu kampanye yang dijalankan oleh Sharp Greenerator yaitu Bogor Menuju Bebas Plastik (Bombastik) atau kampanye via sosial media untuk menyerukan Satu Hari Tanpa Plastik setiap hari Senin. Tidak hanya secara online, kampanye juga diwujudkan dalam aksi nyata.

Bogor kembali menjadi titik fokus Sharp Greenerator karena lokasinya sebagai hulu yang membawa aliran sungai ke kota lain. Untuk itu, aksi penyelamatan lingkungan seperti bersih-bersih sampah perlu dilakukan dari pangkalnya. “Dari Bogor, kami persempit ke Kebun Raya Bogor. Selain menjadi tempat belajar yang pas untuk anak muda juga sebagai lokasi yang selalu dipadati pengunjung di akhir pekan. Rasanya pas sekali jika kegiatan ini bisa dilakukan di tempat umum agar bisa menarik perhatian pengunjung lain, terutama untuk ikut membersihkan sampah,” imbuh Basmah, member Sharp Greenerator sekaligus Ketua Panitia Independence Day Amazing Race.

Seraya menyusuri lingkungan KRB untuk mempelajari keanekaragaman hayati khususnya aneka rempah dan buah lokal, peserta yang merupakan siswa dan siswi SMP serta anggota Sharp Greenerator juga turut mengumpulkan sampah yang berserakan sekaligus mendatangi beberapa pengunjung untuk ikut serta menjaga kebersihan. Di akhir acara, komunitas Sharp Greenerator mampu mengumpulkan sampah seberat 75 kilogram yang diteruskan ke tempat pembuangan sampah yang dikelola oleh KRB.

“Dengan ditemukannya banyak sampah plastik berserakan menandakan masih kurangnya kesadaran pengunjung untuk menjaga kebersihan. Kami sangat berterima kasih pada komunitas Sharp Greenerator yang telah membantu untuk meningkatkan kesadaran pengunjung dan membantu membersihkan sampah yang ada,” ungkap Humas KRB, Ir. Sugiarti.

Selain mempelajari varian tumbuhan yang ada di sekitar KRB, kegiatan berlanjut ke perlombaan tradisional dengan tema 17 Agustus yang bertujuan untuk menguji kekompakan dan kerja sama tim. Usai kegiatan Independence Day Amazing Race, anggota Sharp Greenerator akan kembali meneruskan segudang kegiatan yang berkaitan dengan aksi penyelamatan lingkungan maupun keanekaragaman hayati. (feb/rls)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top