Pemain Impor Pada Porprov Kolut 2018 Bakal Didiskualifikasi – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Olahraga

Pemain Impor Pada Porprov Kolut 2018 Bakal Didiskualifikasi

KENDARIPOS.CO.ID — Sudah menjadi rahasia umum, penggunaan atlet impor pada event olahraga di Sultra kerap dilakukan tak terkecuali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). Hanya untuk mendongkrak perolehan medali, beberapa daerah masih sering mengunakan cara yang tidak sportif ini. Padahal tujuan penyelenggaraan olahraga daerah tak lain mencari dan melahirkan atlet lokal potensial yang akan diorbitkan ke level yang lebih tinggi.

Pada Porprov Kolaka Utara (Kolut) tahun 2018, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sultra mengambil sikap lebih tegas. KONI tak akan mentolerir pemain impor. Bila terbukti menggunakan pemain impor, mereka langsung akan didiskualifikasi. Termasuk menganulir medali yang diperoleh.

Ketua KONI Sultra, H Lukman Abunawas mengatakan atlet yang berlaga di Porprov nanti harus putra/putri Sultra. Untuk itulah, ia akan memperketat persyaratan atlet yang akan mengikuti kegiatan empat tahunan ini. Mulai dari bukti kartu kependudukan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Bila tidak terpenuhi kelengkapannya, maka akan dicoret.

“Agar lebih fair harusnya, tidak lagi ada pemain impor dari luar Sultra. Kan, ini event buat atlet lokal. Makanya, kami akan menverfikasi data atlet yang akan bertanding. Paling tidak mereka memiliki KTP dan KK yang beralamat di Sultra. Jika ditemukan dalam daftar pemain maka akan diskualifikasi atau langsung tidak diikutkan dalam pertandingan,” kata mantan Bupati Konawe ini selasa(29/8).

Selain mengawasi pemain impor, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra ini mengaku tengah fokus pada kesiapan venue pelaksanaan Porprov. Dalam beberapa kali kunjungannya di Kolut, ia cukup puas. Sebagian besar sarana dan prasarana pendukung sudah rampung. Progres ini tak lain berkat dukungan Pemkab Kolut sebagai tuan rumah Porprov tahun 2018 mendatang.

Saat ini kata Lukman, hanya tersisa stadion sepakbola. Namun ia masih cukup yakin pembangunannya bisa dituntaskan sebelum event ini dimulai. Pemprov Sultra dan Pemkab Kolut memiliki komitmen besar untuk bekerja sama merealisasikan rencana tersebut. “Semoga dalam pelaksanaan nanti, semuanya bisa berjalan dengan lancar dan sukses” jelasnya. (b/kus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top