Hewan Kurban di Muna Belum Tes Kesehatan – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Muna

Hewan Kurban di Muna Belum Tes Kesehatan

KENDARIPOS.CO.ID — Hingga kini pihak Dinas Peternakan Muna belum melakukan tes kesehatan untuk menguji kelayakan penyembelihan hewan kurban. Argumentasinya, instansi pimpinan LM Yakub tersebut belum mengetahui data serta alamat lengkap dari pihak yang akan berkurban tahun ini.

Dinas Peternakan masih menunggu laporan dari Kantor Kementerian Agama Muna. Sebab, pendaftaran hewan yang dikurbankan dilakukan lembaga vertikal tersebut. Sekretaris Dinas Peternakan Muna, H. Syarif Are mengatakan, keterlibatan instansinya hanya untuk memastikan kesehatan hewan yang dikurbankan. “Pihak yang akan berkurban melaporkan ke Kementerian Agama maupun Bagian Kesra Pemkab Muna. Dari situlah, kami dapat mengetahui alamat masing-masing. Kalau sudah ada, maka kami turun untuk memastikan kesehatan hewan kurban tersebut. Kalau layak, kita beri stempel. Tapi sekarang belum ada informasi,” kata H. Syarif Are di ruang kerjanya, Selasa (29/8).

Ia mengaku, seharusnya laporan alamat pihak yang akan berkurban sudah harus ada. Sebab berdasarkan pengalaman tahun lalu, baru pada H-1 Idul Adha pihaknya dibuat sibuk. Namun, ia juga tetap optimis hewan yang dikurbankan selalu sehat dan layak. “Kalau soal kesehatan hewan kita selalu usahakan. Tidak membutuhkan waktu lama untuk pemeriksaan kesehatan. Kita hanya lihat bentuk fisiknya saja. Dari situ ketahuan,” pendapatnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Muna, La Maidu mengaku, sudah ada beberapa pihak dan pribadi yang mendaftarkan diri untuk berkurban. Sayangnya, ia justru belum mengetahui secara pasti jumlah yang ada. “Belum ada pelaporan dari tim pendataan di lapangan. Sekaligus melaporkan rumah potong kurban. Tim dibentuk terpadu. Sebelum dikurbankan, kita pastikan dulu sehat atau tidak. Makanya saling koordinasi,” pungkasnya. (c/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top