BPOM Kendari : Berbahaya untuk Kulit, Stop Gunakan Kosmetik RD ! – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

BPOM Kendari : Berbahaya untuk Kulit, Stop Gunakan Kosmetik RD !

BPOM: Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.DI — Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kendari kembali menemukan produk kosmetik yang tak memenuhi syarat edar. Kosmetik dimaksud yakni merek RD yang kini marak di pasaran. Selain tak dibekali izin, kosmetik itu juga rupanya berbahaya bagi konsumen karena dapat merusak jaringan kulit.

Informasi itu diungkapkan Kepala BPOM Kendari, Adilah Pababbari. Dia memastikan RD yang merupakan produk pemutih kulit wajah berbentuk krim itu mengandung bahan merkuri. Hal itu diketahui setelah BPOM melakukan uji laboratorium terhadap sampel kosmetik itu. “Mulai sekarang stop gunakan RD. Itu berbahaya,” tegas Adilah saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (29/8).

BPOM menjelaskan ada dua jenis RD yang beradar di masyarakat. Sekilas keduanya sama, namun jika dicermati ada beberapa perbedaan. Mulai dari label hingga kemasan. Dimana pada dua jenis produk kosmetik RD ini ada kemasan yang menulisakan label day cream dan night cream. Sedangkan produk RD lainnya tertuliskan cream siang dan cream malam.

Awalnya, masyarakat hanya mempertanyakan keaslian salah satu dari dua produk itu. Namun setelah diperiksa justru kedua jenis RD tidak punya izin edar dan mengandung zat perusak kulit. “Tidak ada asli atau palsu. Keduanya tidak layak edar karena tidak memiliki izin. Ada satu punya kode BPOM tapi itu juga dipalsukan,” kata Adilah Pababbari.

Makanya, dia meminta masyarakat segera membuang produk kecantikan berbahaya itu bila sudah memilikinya. “Ini bisa di pesan secara online. Jadi sudah banyak yang beli mulai remaja hingga ibu-ibu,” tambahnya. Hal itu sangat merugikan masyarakat belum lagi harganya yang mencapai Rp 400 ribu per kemasan.

Langkah selanjutnya, BPOM terus melakukan pengembangan atas temuan tersebut. Meski begitu, pihaknya tidak mencurigai bila kosmetik itu diproduksi di Kendari. Untuk lebih amannya, Adilah Pababbari berharap masyarakat menjadi konsumen cerdas. Itu bisa dilakukan melalui cek KLIK yaitu cek Kemasan apakah kemasan masih bagus atau rusak, kemudian cek Label apakah berlabel jelas siapa produsen dan alamat pabriknya serta komposisi produk, setelah itu cek Izin edar apakah mempunya izin edar dan dan yang terakhir cek Kadaluarsa. “Cara lain juga buka website BPOM, semua produk resmi ada disana, kalau tidak terdaftar itu sudah jelas palsu,” pungkasnya. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top