BI Bantu Perbankan Stabilkan Layanan ATM, Sebagian Sudah Beroperasi – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Ekonomi & Bisnis

BI Bantu Perbankan Stabilkan Layanan ATM, Sebagian Sudah Beroperasi

LM. Bahtiar Zaadi
Deputi Kepala Perwakilan BI Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Gangguan layanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) pada 11 bank yang berlangsung sejak hari Jumat (25/8), kini tengah diupayakan pemulihannya. Sejauh ini, Bank Indonesia (BI) telah berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan lembaga terkait untuk menstabilkan kembali layanan ATM.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sultra, LM. Bahtiar Zaadi mengatakan, anomali disebabkan oleh gangguan pada satelit Telkom-1 dan pengalihan koneksi dari satelit yang terganggu ke satelit Telkom 3S dan satelit lainnya telah dilakukan. Ia tegaskan, BI siap membantu perbankan untuk melayani transfer dana masyarakat demi memastikan semua prosedur berjalan dengan normal. “Kebutuhan uang tunai di masyarakat wajib diantisipasi bersama,” kata Bahtiar.

Sambungnya, secara nasional yang terkena dampak paling besar adalah Bank Central Asia (BCA). Bagaimana tidak, gangguan layanan pada bank swasta terbesar se Indonesia ini sifatnya merata di seluruh daerah. Untuk itu Bachtiar meminta agar bank segera mengimbau nasabah untuk berpindah ke ATM yang tersedia di kantor cabang atau menggunakan jaringan ATM antar bank, jika ada masalah kendatipun keluhan masyarakat Sultra belum nampak. Imbauan ini berlaku untuk kesebelas bank terkena dampak. “Kalau ada segera diumumkan ke nasabah seperti itu,” pesannya.

Sementara ini, penyampaian informasi kepada nasabah juga dalam bentuk pengumuman via website hingga optimalisasi call center. Berdasarkan informasi perbankan, sebagian ATM yang terganggu telah berfungsi kembali. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Agusman berharap seluruh kegiatan transaksi melalui ATM dapat berfungsi kembali dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Dari sisi settlement sistem pembayaran, Bank Indonesia memastikan sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement, Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia dan Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System berjalan dengan normal,” paparnya.

Informasi lebih lanjut, lanjut Agusman, masyarakat dapat menghubungi call center masing-masing bank atau BI contact center (BICARA) di 131. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top