Asrun Berpeluang Besar Dapatkan Gerindra – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Asrun Berpeluang Besar Dapatkan Gerindra

DR Asrun

KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sulawesi Tenggara (Sultra) tuntas menyeleksi semua calon yang bermohon untuk diusung oleh partai besutan Prabowo Subianto itu. Dari delapan Bacagub yang meminta restu, nampaknya hanya Walikota Kendari Asrun yang memiliki peluang besar untuk diusung oleh partai kelahiran 2008 ini.

Ketua DPD Gerindra Sultra, Imran mengatakan, keputusan tersebut berdasarkan berbagai pertimbangan. Asrun memenuhi syarat karena sudah memiliki koalisi yang bersahabat dengan Gerindra. Figur lain ketika diseleksi tidak memiliki koalisi partai. “Kalau Pak Asrun masuk menawarkan diri ke kita dengan sejumlah data-data yang bisa kita percaya bahwa sudah memiliki pintu lebih awal, yakni PAN,” katanya Selasa, (29/8).

Perolehan kursi PAN, kata dia, tak diragukan lagi, sebanyak sembilan kursi di DPRD Sultra. Itu artinya tanpa koalisi pun sudah bisa mengusung sendiri. Sementara itu, calon lain sama sekali tidak meyakinkan akan adanya partai koalisi. Pasalnya, Gerindra hanya memperoleh lima. “Jadi kita tidak ingin Partai Gerindra terapung-apung tanpa koalisi, tidak cukup kursi untuk mengusung. Olehnya kita koalisi,” jelasnya.

Selain itu, Gerindra juga melihat survei internal mengatakan elektabilitas Ketua DPD PAN Kota Kendari itu cukup tinggi. Saat ini juga, telah melakukan sosialisasi hampir di 17 kabupaten/kota. Penetuan itu juga mengingat Pilgub ini memiliki cakupan yang sangat luas. Sehingga, tidak butuh waktu lagi untuk mencari (figur yang punya koalisi) tapi butuh kepastian. “Beda dengan pilwali dan pilbup yang wilayahnya notabene lebih kecil. Tapi kalau gubernur butuh kecepatan dan kepastian karena 17 kabupaten/kota,” imbuhnya.

Lalu kapan diperkirakan SK rekomendasi keluar, untuk Pak Asrun? Dirinya menjawab dengan enggan untuk berspekulasi karena hal itu menjadi kewenangan DPP Gerindra. Olehnya, Gerindra tinggal menunggu proses itu. “10 persen ya untuk Pak Asrun. Karena kita pertimbangkan bukan karena siapa-siapa tapi kita butuh koalisi dan calon lain tidak ada,” ujarnya.

Kemudian, lanjut dia, pada Pilkada sebelumnya yang terjadi diluar Sultra, Gerindra mengusung calon yang tidak memiliki koalisi partai. Hasilnya, sampai akhir tidak mendapatkan koalisi dan hanya sekedar pendukung saja. Sehingga, di Pilgub ini pihaknya ingin mengantisipasi kemungkinan terburuk yang pernah terjadi. “Jadi, saya tidak mau hanya mendukung saja tapi mengusung karena punya kursi,” katanya.

Sebelumnya, para Bacagub yang meminta rekomendasi Gerindra ada delapan orang. Yakni, Asrun, Laode Masihu Kamaluddin, Lukman Abunawas, Rusda Mahmud, La Ode Ida, Ali Mazi, Supomo, dan Rusman Emba. Sedangkan Bacawagub Sjafei Kahar dan Jony Syamsuddin. (wan/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top