Wow ! Sebulan, Gaji Anggota DPRD Sultra Capai Rp 30 Juta – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Wow ! Sebulan, Gaji Anggota DPRD Sultra Capai Rp 30 Juta

KENDARIPOS.CO.ID — Kinerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra patut mendapat apresiasi khususnya dalam fungsi legislasi. Untuk pertama kalinya, lembaga yang beranggotakan 45 wakil rakyat itu menuntaskan pembahasan raperda hanya dalam waktu kurang dalam sebulan. Produk hukum dimaksud yakni terkait hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Sultra. Senin (28/8), rancangan itu sudah disetujui menjadi Perda melalui rapat paripurna dewan.

Sekretaris Provinsi Sultra, Lukman Abunawas mengatakan meski sudah ditetapkan menjadi Perda, bertambahnya hak keuangan dewan itu tetap memperhatikan kondisi keuangan daerah sehingga ada kategori tinggi, sedang dan rendah. “Dana kita memang dipangkas, tapi kenaikan ini (tunjangan-red) adalah ketentuan yang wajib kita ikuti, jadi kita tetap melakukan penyesuaian,” ujar Lukman Abunawas usai rapat paripurna, kemarin.

Untuk diketahui, Perda tersebut merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD. Dalam PP tersebut belum ditetapkan angka kenaikannya, namun pendapatan dewan diprediksi naik dua kali lipat setiap bulannya.

Setelah penandatanganan naskah persetujuan yang tertuang dalam keputusan DPRD Sultra Nomor 6 Tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Sultra itu, maka pendapatan anggota legislatif Sultra bisa mencapai Rp 30 juta sebulan. Sudah masuk didalamnya, gaji pokok, tunjangan transportasi, tunjangan keluarga, dan perjalanan dinas setiap kali bepergian di dalam maupun di luar daerah.

Sekretaris Dewan Sultra, Nasruan merinci untuk gaji pokok dewan Rp 3 juta setiap bulan. Yang membuat angka itu naik hingga bisa mencapai Rp 30-an juta adalah soal tunjangan. Misalnya tunjangan transportasi akan dihitung berdasarkan nilai sewa mobil perhari yang berlaku di daerah. Kemudian tunjangan kelengkapan lainnya termasuk keluarga juga bisa mencapai Rp 9 juta hingga Rp 10 juta perbulan. “Kalau dengan perjalanan dinas bisa Rp 30-an juta,” ujarnya. Soal kapan gaji sebesar itu mulai dinikmati dewan, masih akan menunggu peraturan gubernur. Diprediksi bisa berlaku bulan depan. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top