Sentra Pelayanan Terpadu Pilgub Sultra Dibentuk November – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Politik

Sentra Pelayanan Terpadu Pilgub Sultra Dibentuk November

Hamiruddin Udu

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan gubernur dan wakil gubernur akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 mendatang. Dalam perjalanannya, kemungkinan pelanggaran Pilkada akan terjadi. Dalam rangka penangangan tindak pidana Pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan berkoordinasi bersama pihak Kepolisian dan Kejaksaan guna membentuk Sentra Pelayanan Terpadu atau Gakumdu, November 2017 mendatang.

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu mengatakan, sentra Gakumdu dalam penanganan tindak pidana Pemilu ini dinilai sangat penting. Kata dia, sentra Gakumdu akan bekerja selama sembilan bulan. Pihaknya menghitung mundur dari jadwal tersebut sekaligus memprediksi dugaan pelanggaran pidananya akan ada pada tahapan mana. “Biasanya pada saat kampanye dan pungut hitung. Jadi, kita hitung mundur, ya November 2018 sudah dibentuk,” katanya saat ditemui di Kantor Bawaslu Sultra, kemarin (28/8).

Untuk membentuk itu, Bawaslu akan berkoordinasi dengan pihak terkait terlebih dahulu. Hal itu, untuk mematangkan kerja-kerja nantinya. Kata dia, jika melihat Pilkada sebelumnya, Sultra menjadi daerah yang paling dikenal di pusat. Pasalnya, menjadi daerah pertama penyelenggaranya yang dipecat. Kemudian, berdasarkan pengamatannya, banyak terjadi pelanggaran, baik yang dilakukan oleh aparat pemerintahan, maupun tim pasangan calon. Di 17 kabupaten/kota, pembentukan sentra Gakumdunya sekira Januari. Olehnya, pihaknya saat ini mengimbau Panwas yang telah dilantik sebanyak 51 orang, dengan tiga orang per kabupaten/kota berkoordinasi dengan stakeholder di tempatnya masing-masing,” ujarnya. (wan/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top